oleh

Ziarah Wisata TMP, Tanamkan Nilai Kepahlawanan

-Mamuju-1.046 views

MAMUJU — Dinas Sosial (Dinsos) Sulbar menggelar kegiatan ziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Patiddi Mamuju, Rabu 2 Juni 2021.

Kegiatan ini dihadiri 100 orang siswa SD dan SMP dari empat sekolah di Kabupaten Mamuju. Mereka diajak doa bersama serta menaburkan bunga. Melalui pemandu, siswa-siswi diceritakan tentang latar belakang para pahlawan yang dikebumikan di TMP Patiddi tersebut.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Sulbar, Usman mengatakan, ziarah yang dilakukan di TMP Patiddi untuk memperkenalkan para pahlawan kepada para siswa sejak dini. Sehingga mereka mengenal lebih dekat dan menghargai jasa para pahlawan yang

telah berkorban jiwa dan raga serta harta benda demi kemerdekaan NKRI.

“Sengaja kita bawa mereka ke TMP sejak dini agar mereka bisa mengetahui sejarah bangsa ini. Kita bisa merdeka seperti saat ini karena jasa para pahlawan. Tidak ada kedamaian yang akan kita capai jika bukan karena perjuangan para pendahulu kita. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya,” ujarnya.

Usman berharap, dengan ziarah ini, para siswa-siswi termotivasi untuk menerapkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan pada dirinya. Mereka termotivasi untuk menjadi pahlawan meskipun tidak lagi dengan mengangkat senjata. Namun, mereka menjadi pahlawan untuk NKRI di bidang yang mereka tekuni masing-masing.

“Kita berharap siswa-siswi yang ikut berziarah bisa menjadi pahlawan di era modern ini. Mereka bisa menjadi ahli sejarah, ahli di bidang IT, olahraga, pendidikan, dan lainnya yang bisa mengharumkan nama Republik Indonesia di mata dunia, meski di tengah keterbatasan yang dimiliki. Semangat para pejuang yang tidak mengenal lelah dan tanpa pamrih harus tertanam di diri mereka,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (KKKRS) Dinsos Sulbar Irfan M. Tahir, mengatakan, kegiatan ini secara rutin dilakukan oleh Kementerian Sosial RI yang secara teknis dilaksanakan di Provinsi Sulbar. Tujuannya, agar para siswa bisa memaknai dan mendalami serta menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada kehidupan sehari-hari mereka.

“Sengaja kita hadirkan mereka disini secara langsung agar penanaman nilai kepahlawanan makin melekat ke diri siswa. Disini mereka kita ajak berdoa bersama, diberikan pencerahan dari pemandu terkait dengan sejarah perjuangan pahlawan untuk merebut kedaulatan NKRI. Semoga siswa bisa memahami terkait pemahaman nilai kepahlawanan dan menerapkan dalam aktivitas keseharian di dalam menghormati kecintaan pada tanah air nya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Irfan melantunkan doa untuk para pahlawan sekaligus tabur bunga bersama para siswa-siswi. Tak hanya itu, Irfan juga menceritakan sejarah tentang nilai dan perjuangan panjang para pahlawan  untuk memerdekakan Republik Indonesia khususnya para pejuang Sulawesi kepada siswa-siswi.

“Jadi siswa bisa lebih dekat dengan figur kepahlawanan melalui wisata religi seperti ini. Kegiatan ini juga akan terus mengingatkan mereka terhadap perjuangan para pahlawan. Kegiatan yang kita lakukan adalah penghormatan kepada para pahlawan, ziarah tabur  bunga, berdoa bersama, serta refleksi berkaitan perjuangan pahlawan kepada siswa untuk ditanamkan kediri siswa masing-masing,” tutupnya. (ian/ajs)

Komentar

News Feed