oleh

Yuri: Gunakan Masker, Apa Pun Itu…

JAKARTA–Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, virus Korona bisa melayang di udara dalam ukuran mikro droplet. Maka penggunaan masker yang benar khususnya di dalam ruang tertutup adalah mutlak, bukan face shield.

Hal itu juga ditegaskan oleh Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. Dia meminta masyarakat untuk wajib menggunakan masker, bukan face shield. Sebab mikro droplet yang melayang di udara, tak akan bisa ditangkis hanya dengan face shield.

”Jika hanya pakai face shield tanpa masker, maka mikro droplet itu tetap terhirup. Maka masker yang wajib bukan face shield,” tegasnya dalam konferensi pers, Minggu 12 Juli.

Menurutnya, face shield memang bisa mencegah droplet tapi jika ukurannya besar. Sedangkan ukuran mikro hanya bisa ditahan dengan masker. ”Droplet memamg bisa dicegah dengan face shield jika dropletnya ukuran besar. Tapi tetap masker yang utama. Jadi gunakanlah masker,” katanya.

Jika memungkinkan dan perlu untuk menambah perlindungan ganda, kata dia, boleh menambahkan masker dengan penggunaan face shield. Tapi jika face shield saja tak akan maksimal. ”Gunakan masker, apapun itu,” tukasnya.

Yurianto mengakui banyak orang tak nyaman jika memakai masker dalam waktu yang lama. Maka solusinya harus mencari masker yang nyaman yang memungkinkan seseorang bisa bernapas dengan lega.

”Kita sadari bahwa masker yang tidak nyaman akan membuat orang tidak bisa tahan lama menggunakan masker. Maka pilihlah masker yang nyaman, yang masih memberikan ruang antara masker dan lubang hidung agar bisa bernapas dengan baik dan tetap aman,” katanya. (jwc)

Komentar

News Feed