oleh

Wawancara Balon Kades di Polman, Panitia Libatkan Enam Penguji

POLEWALI – Seleksi wawancara Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) digelar, Rabu (22/9/2021)di Aula Kantor BKPP Polman. Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Polewali Mandar melibatkan enam orang penguji.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Polman Andi Nursami Masdar menyampaikan pihaknya melibatkan enam penguji dalam tes wawancara hari pertama khusus Balon kades dari Kecamatan Limboro dan Bulo. Enam penguji tersebut yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Agusniah Hasan Sulur, Asisten Ekonomi Pembangunan Sukirman Saleh, Dosen Fakultas Ilmu Politik dan Pemerintahan Unsulbar Muh Tamzil Azis, perwakilan Polres Polman dan Kodim 1402 Polman.

“Untuk proses seleksi kita bagi dua shift selama pelaksanaan tes wawancara dengan mengikuti protokol kesehatan,” terang Andi Nursami Masdar.

Ia juga menyampaikan, ada sepuluh perempuan yang juga mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Ia berharap kedepan lebih banyak lagi perempuan yang ikut berkompetisi di pemilihan kepala desa.

Sekertaris Panitia Pilkades Polman Yusdianto Syahrir menyampaikan, ada beberapa poin yang menjadi pertanyaan dalam sesi wawancara yakni terkait pemerintahan, bagaimana bakal calon memahami tentang pemerintahan sampai pada pelayanan di desa. Kemudian terkait pengawasan, bagaimana pengawasan mulai dari penggunaan dan penyaluran merupakan bagian dari pengawasan. Termasuk inovasi desa, peningkatan ekonomi desa dan pengelolaan keuangan desa.

“Adapun unsur TNI-Polri yang dilibatkan dalam tes wawancara, itu terkait dengan pengawasan rambu-rambu tentang penggunaan dana desa,” jelas Yusdianto.

Lanjut, dari akademisi yakni dari dosen Fisip Unsulbar, beliau menanyakan materi seputar pemerintahan dan politik agar kondisi di desa dapat berjalan kondusif.

Sementara terkait protokol kesehatan, Yusdianto mengatakan, setiap hari dari 14 kecamatan hanya dua kecamatan setiap hari yang ikut dites yang setiap sesi hanya tiga puluh orang, jarak sudah diatur dan penggunaan masker dan handsanitizer.

Seleksi wawancara ini dilaksanakan di aula Kantor BKPP Polman yang direncanakan berlangsung selama enam hari. (arf/mkb)

Komentar

News Feed