oleh

Waspada Pohon Tumbang, Drainase Buruk Picu Genangan

POLEWALI – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar imbau masyarakat waspadai banjir dan pohon berpotensi akan tumbang. Cuaca buruk angin kencang disertai hujan deras selama tiga jam, Sabtu malam 26 September di Kabupaten Polewali Mandar mengakibatkan beberapa pohon pelindung di sejumlah ruas jalan Kota Polewali tumbang. Selain pohon tumbang, beberapa ruas jalan juga tergenang air hujan setinggi betis orang dewasa.

Menurut warga sekitar hal tersebut disebabkan oleh buruknya sistem drainase di wilayah perkotaan. Bahkan ruas Jalan Manunggal samping Pacuan Kuda Polewali Sport Center masih terendam hingga Minggu siang. Beberapa pengendara terpaksa melawan arus karena menghindari genangan air di sepanjang jalan tersebut.

“Drainase sudah tertutup dan lubang untuk pembuangan dari jalan ke drainse ini kecil sehingga butuh waktu lama baru air benar-benar hilang dijalan,” terang salah seorang warga Syukur.

Selain beberapa ruas jalan yang tergenang air di sekitar Alun Alun Kota Polewali. Sungai Mammi Kecamatan Binuang kembali meluap sehingga jalang poros ke Desa Mammi kembali terendam banjir. Kejadian ini sudah berlangsung lama setiap hujan deras yang intensitasnya lama.

Kepala Pelaksana BPBD Polman Andi Afandi Rahman meminta agar masyarakat Polman mewaspadai pohon tumbang dengan memperhatikan pohon yang sudah lebat dan tinggi yang berpotensi akan tumbang disekitar pemukiman mereka.

“Antisipasi pohon tumbang agar warga memperhatikan pohon di sekitar rumahnya. Segera melaporkan pada pihak pemerintah setempat agar dilakukan pemangkasan pohon untuk meminimalisir tumbang saat terjadi angin kencang,” terang Andi Afandi Rahman.

Ia juga meminta warga agar tidak berteduh dibawah pohon dan papan reklame saat angin kencang disertai hujan. (arf/mkb)

Komentar

News Feed