oleh

Warga Dinilai Mulai Tak Tertib Terapkan Prokes

POLMAN – Angka penularan korona kembali naik di sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Warga dinilai mulai abai dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Dalam sepekan terakhir, jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Polman mengalami lonjakan besar. Hingga Minggu 10 Januari 2021, sudah ada 141 warga Polman yang terpapar Covid-19 di awal tahun ini. Bahkan tercatat ada tujuh warga meninggal dunia akibat serangan virus tersebut. Hampir setiap hari ada warga meninggal.

Data dari Tim Satgas Covid-19 Polman, pada 1 Januari dua orang meninggal, 4 Januari satu orang, 6 Januari satu orang, 7 Januari satu orang, 8 Januari satu orang, dan 10 Januari dua orang meninggal.

Sementara total, sejak korona mewabah, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah menembus angka 937 orang. 88 pasien dirawat di RSUD Polewali dan RS Pratama Wonomulyo. Kemudian yang menjalani isolasi mandiri 141 orang dan sembuh 682 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia sudah ada 26 warga.

Kepala Dinas Kominfo Persandian sebagai Ketua Koordinator Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Polman I Nengah Tri Sumadana mengakui adanya lonjakan kasus positif pasca liburan natal dan tahun baru 2021.

Selain itu, lonjakan juga terjadi dikarenakan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan sangat rendah. Masih banyak terjadi acara kerumunan terutama pada acara pesta atau hajatan.

Tidak itu saja, jumlah kasus Covid-19 yang masih tinggi, memerlukan kesadaran semua pihak. Untuk itu, kata I Nengah, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun.

Apalagi, kata dia, puluhan tenaga kesehatan (nakes) terpapar Covid-19. Diantaranya 27 orang tenaga medis di RSUD Polewali. Dimana delapan orang sudah sembuh dan selebihnya menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Kemudian dua orang dokter di Puskesmas Massenga juga tertular, 15 tenaga kesehatan di Puskesmas Limboro, 14 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Pelitakanz serta satu tenaga medis di Puskesmas Pekkabata. Selain itu ada beberapa pegawai Dinkes Polman juga terpapar Covid-19.

Sebelumnya Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam menekan angka penyebaran korona.

Selain itu, Bupati mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati lagi menjaga kesehatan dan lebih disiplin lagi dalam menjalankan protokol kesehatan. Seperti pembiasaan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Karena hampir semua orang rentan kena covid jika tidak mematuhi prokes. (mkb/ham)

Komentar

News Feed