oleh

”Wall of Fades” Dapat Gerakkan Ekonomi Riil Lebih Bergeliat

JAKARTA–Pengusaha Sandiaga Uno menilai bahwa pameran “Wall of Fades” yang berisi aneka produk lokal mulai dari denim hingga sepatu dapat menjadi salah satu cara menggerakkan ekonomi sektor riil nasional bergeliat sekaligus bersaing global.

”Kita kebanyakan kadang-kadang terlalu terpaku sama produk luar negeri, pameran ini bisa menggerakan ekonomi kita,” ujar Sandiaga di sela pameran “Wall of Fades” yang diselenggarakan komunitas denim “DARAHKUBIRU” dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu 15 Desember.

Menurut dia, pameran ini juga merupakan langkah konkret dalam menggerakkan sektor riil. Melalui kegiatan itu, akan tercipta terbukanya peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang akhirnya menopang perekonomian nasional.

”Tadi saya lihat ada macam produk. Karena di sini komunitasnya ‘DarahkuBiru’ ya mereka memulainya dari jeans, tapi sekarang sudah melebar ke produk-produk kulit seperti sepatu, dompet, ada juga sneaker dan tas, semua sudah lengkap. Jadi wall of fades salah satu cara kita mengangkat secara inovatif, ini sudah ada komunitasnya, sudah ada subkulturnya juga,” kata Sandiaga.

Ia menambahkan acara itu diharapkan juga dapat memberikan kontribusi terhadap penurunan produk-produk impor.”Kalau kita lihat, kualitasnya tidak kalah, sudah standarnya dunia,” ucapnya.

Sandiaga optimistis bahwa produk-produk lokal yang berkualitas akan terserap dengan pasar nasional dan internasional. ”Kita jangan ‘understimate’ dengan kekuatan market kita, kita bisa isi dengan produk-produk kolaborasi anak-anak bangsa, dan ternyata banyak tuh peminatnya,” katanya.

Sebagai pengusaha, Sandiaga mengingatkan agar masyarakat terus berinovasi dan berusaha tanpa lelah untuk mempromosikan produk-produk yang dibuat oleh anak bangsa. ”Jangan apa-apa impor. Jadi saya di sini juga ingin mengapresiasi Alvin (ketua pelaksana pameran) dan Tirta (pelaksana acara),” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang juga terus berupaya mendorong produk lokal dapat bersaing, pejabat dan selebriti pun tak ketinggalan menggunakan produk dalam negeri.

”Pak Presiden sendiri juga sudah sangat menggandrungi produk-produk lokal, ada beberapa selebriti dan pejabat yang juga suka pakai barang lokal, harus lebih banyak lagi. Bangsa kita kan senang kalau panutan kita memakai barang-barang lokal,” ujar Sandiaga. (ant)

Komentar

News Feed