oleh

Wakil Ketua DPD RI Sebut Balanipa Layak Jadi Kabupaten

MAKASSAR — Komite Aksi Percepatan Pembentukan (KAPP) Balanipa mengajak ajak semua pihak terus berjuang mendorong agar rencana Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sulbar ini bisa terwujud.

Jumat 26 Maret 2021, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI bekerjasama KAPP Balanipa, menggelar seminar dengan tema “Pemekaran Daerah Alternatif Percepatan Pembangunan Balanipa” yang diselenggarakan di Hotel Four Point Seraton Makassar.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPD RI Mahyuddin didampingi delapan anggota DPD RI lainnya termasuk dari Sulbar yakni Ajbar Kadir, Iskandar Muda Baharuddin Lopa, Almalik Pababari.

Agenda ini dihadiri Wakil Bupati Polewali Mandar (Polman) M. Natsir Rahmat, tiga Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, Abd Rahim, Abdul Halim. Kemudian Sekkab Polman Andi Bebas Manggazali, Ketua KAPP Balanipa Mujirin M Yamin, dan sejumlah tokoh.

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin menyampaikan, ada banyak daerah yang ingin membentuk daerah otonomi baru karena tujuannya adalah percepatan pembangunan daerah dan memperkecil rentan layanan publik.

“Dari materi yang disampaikan oleh pemateri, Balanipa ini sudah sangat layak untuk menjadi daerah otonomi baru. Tinggal political will-nya saja yang juga berkaitan dengan anggaran,” terang Mahyudin.

Lanjut Mahyuddin, pemerintah saat ini bukan tidak ingin membiayai tetapi APBN saat ini kurang baik. Apabila anggaran sudah membaik moratorium untuk daerah otonomi baru dapat dibuka kembali.

Ia juga menyampaikan, setiap daerah harus mendapatkan proporsi yang sama dan yang menjadi prioritas yakni daerah perbatasan. Tapi bukan berarti daerah seperti Balanipa tidak menjadi prioritas

Anggota DPD RI Dapil Sulbar Ajbar Kadir mengatakan, semangat ini tidak boleh terhenti. Siapapun dan dimanapun harus terus menguatkan posisi untuk menguatkan ini Balanipa. Karena Balanipa adalah sebuah keniscayaan yang tentu harus berproses.

“Semua lembaga yang memiliki kemampaun untuk mensupport pembentukan Balanipa. Seminar ini kita laksanakan, selain semangat, kita juga ingin mematahkan bahwa apa benar prasyarat Balanipa ini memenuhi. Dan Alhamdulillah kita saksikan bersama itu memenuhi,” jelas Ajbar.

Lanjut Ajbar, setelah ini yang harus dilakukan adalah membuat strategi baru mulai dari negosiasi sampai lobi politik. Setelah lebaran, Ketua DPD RI akan dihadirkan di Sulbar.

Wakil Bupati Polman M. Natsir Rahmat menyampaikan, Balanipa telah memiliki semua syarat menjadi DOB. Dari aspek administrasi, Balanipa telah mendapat persetujuan dari DPRD Polman sebagai kabupaten induk dan juga dukungan dari DPRD Sulbar.

“Sebagai bentuk dukungan dan komitmen, Pemkab Polman siap memberikan dana hibah sebagai modal awal kepada Kabupaten Balanipa sebagai wujud keseriusan Pemkab Polman,” tandas Natsir.

Di tempat yang sama, Kepala Balitbangren Sulbar Jamil Barambangi menyampaikan dengan adanya dukungan dan perjuangan empat Anggota DPD RI dapil Sulbar, Balanipa bisa segera terbentuk menjadi DOB.

“Atas nama Pemrov Sulbar, kami bermohon kepada Wakil Ketua DPD dan anggota DPD agar Balanipa bisa diwujudkan di tahun yang akan datang sebelum periode anggota DPD berakhir,” pinta Jamal. (arf/ham)

Komentar

News Feed