oleh

Vaksinasi Covid, Pejabat dan Nakes Pasangkayu Dapat Giliran Pertama

PASANGKAYU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu Samhari menjelaskan, vaksinasi dimulai pada tanggal 14-17 Januari 2021. Sasaranya, pejabat publik dan tenaga kesehatan (nakes).

“Kalau tidak ada halangan tanggal 7 Januari ini vaksin sudah didistribusikan ke Pasangkayu. Untuk tahap pertama, yang akan divaksin adalah Bupati, Wakil Bupati, pimpinan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tenaga kesehatan,” papar Samhari.

Jenis vaksi yang digunakan adalah Sinovac. Jumlah totalnya sebanyak 690 dosis. Namun Samhari, masih bingung bagaimana menjaga suhu vaksin itu saat didistribusikan.

“Menjadi kendala di kami sekarang adalah bagaimana menjaga suhu vaksin itu nanti saat distribusi ke puskesmas-puskesmas dan saat penyimpanannya disana. Karena suhunya harus tetap terjaga dikisaran dua derajat hingga 8 derajat celcius,” pungkasnya.

Memastikan kelayakan tempat penyimpanan vaksin dan memudahkan kepolisian menjaga keamanannya, Kabag Ops Polres Pasangkayu AKP Iswan Mulyanto, melakukan pengecekan.

Pengecekan yang dilakukan tersebut didampingi Paur Dal Bag Ops Ipda Sofian, serta Pejabat Bagian Penyimpanan dan Penyaluran Obat dan BMHP Dinkes Kabupaten Pasangkayu Herawati. Gudang tersebut bertempat di Jalan Bukit Husada, Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu.

“Setelah melakukan pemeriksaan dan kelayakan gudang yang rencana akan digunakan menyimpan Vaksin Covid-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Pasangkayu, kami menganggap gudang tersebut baik dan layak. Keadaan gudang bersih dan terawat,” terang AKP Iswan Mulyanto, Rabu 6 Januari 2021.

Kata Iswan, gudang tersebut hanya memiliki satu akses keluar dan masuk, sehingga memudahkan mereka melakukan pengamanan. (asp/ham)

Komentar

News Feed