oleh

Vaksinasi Covid-19, Giliran Tenaga Kesehatan

TOPOYO – Vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Polo Camba Kecamatan Pangale Mamuju Tengah (Mateng) berjalan lancar.

Namun, vaksinasi tersebut harus dilakukan di gedung PKM Salogatta. Alasannya, sejumlah nakes di PKM Polo Camba terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, vaksinasi harus menumpang di geduang PKM lain.

Hal itu disampaikan Kepala PKM Polo Camba Eko Sugianto. Senin 8 Februari, baru dilaksanakan vaksinasi nakes di lingkup PKM Polo Camba. Kegiatan dilaksanakan di PKM Salogatta Kecamatan Budong-budong, karena pada waktu bersamaan dilakukan tes swab pada sejumlah nakes di PKM Polo Camba.

“Kami harus menumpang penyuntikan vaksin, karena di PKM kami juga melakukan swab massal,” tutur Eko yang dikonfirmasi kemarin.

Selain dilakukan swab massal, alasan lainnya juga karena PKM Polo Camba terganggu signal internet. Sehingga terjadi gangguan saat dilakukan penginputan nama-nama yang divaksin.

Diketahui sebanyak empat nakes terkonfirmasi Covid-19, dan sementara melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sebab, meraka tanpa gejala. Kemudian yang melakukan swab, sebanyak 17 orang. Dan sementara menunggu hasil dari Makassar Sulsel.

“Diduga klaster baru itu muncul dari masyarakat yang menjadi pasien,” tambahnya.

Sehingga PKM kembali tutup dalam waktu dua pekan. Hal itu juga sudah dikoordinasikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Mateng.

Lanjut Eko, jika ada diantara nakes yang dinyatakan tidak positif Covid-19, maka akan melanjutkan penyuntikan vaksin.

Sementara yang sudah divaksin, hanya empat orang dari target 27 orang yang sudah lulus melalui tahap screening. Sedangkan sebanyak 18 orang yang tidak mengikuti vaksin karena tidak memenuhi syarat screening, diantaranya hamil, memiliki bayi dan beberapa penyakit sesak.

Eko kembali mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Tetap disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak. (m6/dir)

Komentar

News Feed