oleh

Vaksinasi Awal Capai 65,29 Persen

TOPOYO – Vaksinasi tahap pertama yang menyasar pejabat publik dan tenaga kesehatan (Nakes) di Mateng sudah mencapai 65,29 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju Tengah (Mateng), Setya Bero, mengatakan 567 orang telah disuntuk sampai Selasa kemarin.

Diantaranya mengutamakan 10 pejabat daerah, seperti Sekretaris Daerah (Sekkab) Askary Anwar, Ketua DPRD Mateng, Arsal Aras dan sejumlah pejabat publik lainnya.

“Secara keseluruhan jumlah kuota vaksin untuk Mateng sebanyak 1.880 vial,” ungkap Setya, saat dikonfirmasi, Selasa 16 Februari.

Dijelaskan, adapula 112 orang yang telah terdaftar, harus menunda vaksinasi. Mereka terkendala saat melakukan screening vaksin.

Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, dari 112 orang tersebut sebagian besar menderita gula darah tinggi dan penyakit umum lainnya. Sehingga penyuntikan ditunda sementara waktu.

Khusus Nakes yang sudah terdaftar diaplikasi vaksinasi yang telah terhubung langsung dengan apliaksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, tercatat 889 orang. “Sementara Nakes di Mateng sebanyak 1.030 orang,” kata Setya.

Karenanya, Nakes Mateng yang belum tercover dalam aplikasi tersebut, akan segera didaftarkan agar segera mendapat vaksinasi.

Ia mengaku, akan terus memantau setiap Puskesmas dalam melakukan vaksinasi agar tahap pertama segera rampung, kemudian melanjutkan tahap selanjutnya.

Setya mengimbau kepada masyarakat agar tidak berlebihan dengan penyuntikan vaksin, sebab dinilai aman dan halal.

“Dan hindari berita-berita yang menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (m6/rul)

Komentar

News Feed