oleh

Vaksin Didistribusikan ke Puskesmas

MAMASA – Setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamasa menjemput vaksin Covid-19 Sinovac dari Dinkes Sulbar sebanyak 80 vial. Vaksin tersebut merupakan jatah tahap kedua bagi pelayan publik.

Vaksin tersebut selanjutnya didistribusikan ke setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Mamasa. Pendistribusian pertama, Kamis 4 Maret dilakukan kepada delapan puskesmas. Kemudian Jumat 5 Maret, vaksin juga didistribusikan kepada sembilan puskesmas.

Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Mamasa Irmaya mengatakan hari ini, Kamis 4 Maret dilakukan pendistribusian vaksin kepada delapan puskesmas.

“Pendistribusian vaksin ke depalan puskesmas dibagi tiga tim. Kemudian Jumat besok (hari ini) dilanjut lagi untuk sembilan puskesmas dengan empat orang tim,” terang Irmaya.

Pendistribusian vaksin ke delapan puskesmas sebanyak 33 vial. Sisa ada 64 vial lagi vaksin akan didistribusikan ke sembilan puskesmas.

Ia mengungkapkan vaksin 80 vial yang ada merupakan vaksin pertama untuk 646 orang yang akan divaksinasi.

“Jadi beda dengan yang lalu karena dikali dua, saat ini hanya vaksin pertama saja sambil menunggu pendistribusian selanjutnya dari pusat,” jelasnya.

Irmaya menjelaskan, berdasarkan surat edaran Kemenkes vaksinasi bagi pelayan publik diatur sesuai ketersediaan vaksin.

“Jadi presentasenya seperti pelayan wakil rakyat, pejabat negara, dan atlit 100 persen, tokoh agama 40-100 persen, pedagang pasar, 10-40 persen, guru 14-20 persen, Keamanan (TNI, Polri dan Satpol-PP) 5-65 persen, ASN, 2-25 persen, dan pelayan publik lainnya 2-10 persen, jadi persentasenya sudah jelas,” bebernya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed