oleh

Vaksin Corona Gratis di Negara-negara Ini, Apa Saja?

JAKARTA – Di Indonesia pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan secara mandiri alias berbayar dan sebagian lagi dilakukan secara gratis, sehingga banyak dari masyarakat yang mungkin enggan melakukan vaksinasi terhadap dirinya.

Namun di sejumlah negara pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan secara gratis setelah vaksin terbukti dalam uji klinis tahap terakhir dari sejumlah perusahaan industri farmasi. Pemerintah Indonesia sendiri telah mendatangkan sejumlah 1,2 juta dosis vaksin virus Corona dari Sinovac.

Vaksin Sinovac merupakan produksi dari perusahaan farmasi asal China yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam pengadaan vaksin untuk digunakan dalam kegiatan vaksinasi.

Menurut penjelasan dari Menteri Kesehatan yaitu Terawan Agus Putranto untuk membangun herd immunity vaksinasi harus dilakukan sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu vaksinasi dilakukan kepada 67 persen populasi penduduk dari usia 18 hingga 59 tahun, jika diterapkan di Indonesia maka persentase menunjukkan sekitar 160 juta penduduk yang harus divaksinasi.

Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa sebagian besar dari 70 persen dari jumlah persentase harus melakukan vaksinasi mandiri atau berbayar sedangkan 30 persen sisanya akan mendapatkan vaksinasi secara gratis. Dalam urusan mengenai vaksinasi secara mandiri, Menteri Kesehatan Terawan telah bekerjasama dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menangani urusan pada pelaksanaan vaksinasi mandiri.

Kebijakan ini telah ditetapkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 tanggal 3 Desember 2020, menurut Erick Thohir pada sebuah webinar pada Sabtu 12 Desember lalu mengatakan jika target 75 juta sudah dapat terlaksana pada bulan Januari tahun depan.

Jadi dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, ada dua nama vaksin yaitu vaksin bantuan pemerintah dan vaksin mandiri. Namun hingga saat ini Menkes Terawan dan Menteri BUMN Erick Thohir belum dapat mengungkapkan harga vaksinasi yang akan dibayarkan oleh masyarakat pada jalur vaksinasi mandiri. Kebijakan vaksinasi yang ada di Indonesia memang berbeda dengan beberapa negara di bawah ini yang menggratiskan biaya vaksinasi di negaranya.

Daftar Negara yang Melakukan Vaksinasi Secara Gratis

1. Negara Kanada

Pemerintah Kanada akan memberikan vaksin virus Corona kepada rakyatnya secara gratis, pemerintah Kanada memilih jenis vaksin Pfizer untuk digunakan sebagai vaksinasi warganya. Kebijakan tersebut diputuskan setelah munculnya isu dari pihak lain di luar pemerintahan yang akan melakukan pembelian vaksin secara mandiri yaitu National Hockey League yang tertarik membeli vaksin secara mandiri jika telah tersedia. Dalam prioritasnya pemerintah Kanada menyasar warga yang rentan terhadap virus Corona dan kalangan tertentu yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

2. Negara Jepang

Pemerintah Jepang melalui kementerian Kesehatan ikut berpartisipasi dalam program vaksin Corona yang dikembangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang telah dikenal dengan sebutan COVAX. Jepang cukup berbeda dengan pemerintah Indonesia yang telah melakukan pengadaan vaksin, pemerintah Jepang akan melakukan vaksinasi virus Corona pada pertengahan tahun 2021. Dalam pernyataannya pemerintah di Jepang akan menggratiskan pelaksanaan vaksinasi pada seluruh warganya.

3. Negara Arab Saudi

Negara selanjutnya yang akan menggratiskan vaksinasi pada warganya yaitu pemerintah Arab Saudi. Kebijakan vaksinasi gratis telah disampaikan oleh kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Senin 23 November lalu yang disiarkan langsung oleh stasiun TV pemerintah, Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan bahwa mereka mengharapkan memiliki vaksin dengan jumlah yang cukup untuk mengcover 70 persen populasi penduduknya pada akhir tahun 2021 nanti.

4. Negara-negara Eropa

Selanjutnya adalah negara-negara yang ada di Eropa juga akan menggratiskan kegiatan vaksinasi pada warganya, dan empat diantaranya telah resmi mengumumkan hal tersebut yaitu Finlandia, Perancis, Belgia, dan Portugal.

5. Negara Mesir

Meskipun bukan termasuk dalam daftar negara maju, pemerintah Mesir menyatakan bahwa mereka akan melakukan vaksinasi gratis kepada warganya. Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed menyatakan program vaksinasi gratis dilakukan dengan menggunakan vaksin yang dibeli dari Sinopharm asal China dan vaksin dari Uni Emirat Arab.

Itulah lima negara yang melakukan vaksinasi secara gratis untuk warganya. Jika Anda tertarik untuk mengikuti informasi perkembangan seputar vaksin dan virus Corona, aplikasi Halodoc akan memberikan Anda informasi yang lengkap dan terdepan. Tidak hanya itu Anda juga dapat melakukan konsultasi tanpa perlu keluar rumah, hanya berbekal smartphone Anda dapat berkonsultasi dengan para ahli mengenai kesehatan Anda. Sangat praktis dan hemat waktu bukan, sangat sesuai bagi Anda yang enggan bepergian dan memiliki rutinitas yang padat namun ingin berkonsultasi tentang kesehatan tubuh.(rls/fin)

Komentar

News Feed