oleh

Ustaz Abdul Somad Raih Gelar Doktor dari Universitas di Sudan

JAKARTA–Dai kondang asal Riau, Ustaz Abdul Somad meraih gelar doktor di Oumdurman Islamic University, Sudan. UAS mengambil Program Kosenterasi Al Suhnah wa Ulumul Hadist selama enam semester di OIU, Sudan.

Akun instagram ustadzabdulsomad_official, Selasa 24 Desember mengumumkan, UAS tengah menjalani sidang promosi doktor. Dalam unggahan itu, disebutkan: Sidang Promosi Doktod Ustadz Abdul Somad, Selasa 24 Rabi’ul-Akhir 1441H/24 Desember 2019, tempat Ruang Sidang Kantor Lembaga Riset Oumdurman Islamic University. Supervisor atau pembimbing disertasi adalah Syaikh Dr Omar al-Ma’ruf Ali.

Sementara eksternal examiner atau penguji luar adalah Syaikh Dr Haidar Idrus Ali yang juga Ketua Jurusan Hadits di International University Of Afrika. Internal examiner atau penguji internal Dr Iwadh al-Karim Husain Miraf, yang juga guru Besar Hadits Oumdurman Islamic University.

Judul disertasi yang diangkat UAS adalah: Kontribusi Hadradatussyaikh Muhammad Hasyim Asyari dalam Penyebaran Hadits di Indonesia. UAS lulus dengan nilai Mumtaz atau Cum Laude.

Dalam posting-an itu, UAS mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Duta Besar RI di Sudan, Drs Rossalis Rusman Adnan, MBA dan ibu, serta keluarga besar KBRI Khartoum. Kemudian Dr KH Muhammad Afifuddin Dimyathi, Lc, MA, yang telah mengirimkan kitab-kitab Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari, dan juga kepada Dr Zul Ikromi dan Budi yang telah mengurus pendaftaran ke Sudan. Kemudian Ustaz Zulkifli yang membantu urusan selama di Sudan. Serta sahabat-sahabat yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Sebelumnya UAS kelahira Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, 18 Mei 1977, itu telah menyelesaikan pendidikan S1 di Al-Azhar, Mesir, 2002, dan S2 di Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, 2006.

Setelah lulus dari Maroko, UAS aktif mengajar sebagai dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, dan Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Sebelumnya UAS mengajukan cuti belajar kepada UIN Suska untuk menyelesaikan program doktornya. Izin belajar juga sudah disetujui Kementerian Agama yang ditandatangi Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Hasyim. (boy/jpnn)

Komentar

News Feed