oleh

Usaha Kuliner Rumahan, Raup Untung Saat Pandemi

AKIBAT pandemi virus korona atau Covid-19, sektor bisnis adalah yang merasakan tekanan cukup besar. Meski begitu, tidak semua kolaps. Faktanya, eksistensi usaha kuliner rumahan justru meningkat selama pandemi.

Laporan: Muhammad Ilham (Mamuju)

Usaha Kuliner Rumahan, Raup Untung Saat Pandemi

Misalnya, Alelza Bakery. Usaha kuliner yang beralamat di BTN Legenda Blok L2 ini, mampu mempertahankan diri dari tekanan ekonomi saat masa pandemi covid. Meski di awal tahun sempat oleng karena situasi sulit ini.

Pemilik Alelza Bakery, Andika, menceritakan pengalamannya. Di awal tahun, ia memang sempat risau. Namun pria ini tetap memiliki keyakinan akan mampu bertahan. Ragam jenis kue yang diproduksi di rumahnya. Pada akhirnya mengalami lonjakan permintaan.

Kebanyakan orang memilih bertahan di rumah. Situasi itu kemudian ia lihat sebagai peluang pasar. Maka salah satu langkahnya adalah memanfaatkan jejaring sosial secara online untuk memasarkan produknya.

“Alhamdulillah, omset naik 40 persen dari awal pandemi. Semenjak aturan new normal, sudah mulai naik kembali, meski belum sama dengan tahun lalu sebelum ada pandemi,” ucap pria yang juga seorang jurnalis ini.

Di tempat lain, Yusuf, pemilik usaha Rumah Kue Mario, mengaku mampu bertahan saat masa pandemi melanda.

Usaha kue tart yang dirintisnya di Jl. Ranggong, Kelurahan Rimuku, Mamuju, mampu mendapatkan keuntungan berlipat. Bahkan kadang dalam sehari omsetnya mencapai Rp 3 juta.

Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai wartawan ini menjelaskan, keuntungan itu diperolehnya karena memanfaatkan sosial media sebagai ruang pemasaran. Digitalisasi sistem pemasaran sangat membantu. Sebab saat ini para pelanggan justru lebih senang melakukan pemesanan secara online.

Bagi Yusuf, semua yang didapatkan dalam menjalankan usaha kulinernya itu, karena konsistensi. Ia tak mau menyerah karena ada pandemi. Malah semakin tertantang untuk melakukan inovasi. Dan saat ini, hasilnya kelihatan manfaatnya.

Baik Yusuf maupun Andika, sama-sama telah menunjukkan bahwa kemampuan beradaptasi dalam segala situasi ternyata menjadi pintu bagi usaha yang dirintisnya dalam meraup untung. (***)

Komentar

News Feed