oleh

Urusan Bandara: Kerjakan di Polman Setelah Tuntas di Tampa Padang

MAMUJU – Pembangunan bandara baru di Polman sudah diwacanakan sejak 2018. Hingga kini belum dikerjakan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulbar Khaeruddin Anas mengatakan, penundaan pembangunan itu atas dasar pertimbangan keuangan. Hal itu juga menjadi poin penyampaian Menteri Perhubungan saat melakukan konsultasi belum lama ini.

“Menteri Perhubungan menyampaikan secara virtual, Untuk investasi silahkan, tapi mengharap dari APBN itu belum bisa,” beber Khaeruddin, Kamis (23/9/2021).

Begitupun dengan kondisi APBD Sulbar, untuk menganggarkan proyek besar tentu memerlukan biaya besar pula. Apalagi di masa Pandemi Covid-19, sejak 2020 hingga saat ini, secara nasional anggaran difokuskan pada penanganan Covid-19. Bahkan beban Sulbar bertambah pasca bencana gempa bumi 15 Januari, sejumlah sektor terdampak, khususnya infrastruktur perhubungan menyebabkan sebagian anggaran dialihkan pada Rehabilitasi sarana infrastruktur yang mengalami kerusakan.

Atas kondisi itu, kata Khaeruddin, Pemprov Sulbar bakal menunggu kondisi keuangan betul-betul stabil untuk melanjutkan rencana pembangunan Bandara Polman.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar Maddareski Salatin mengatakan, untuk melangkah ke rencana pembangunan bandara Polman itu setelah menyelesaikan urusan di Bandara Tampa Padang.

Dikatakan, saat ini pembenahan Bandara Tampa Padang masih fokus penyelesaian akses jalan masuk, sekaligus melakukan perbaikan beberapa bagian yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi 15 Januari.
“Jalan sementara dikerjakan, itu Multiyears dan tahun depna dianggarkan lagi. Masih ada biaya pembebasan lahan belum selesai, dan semoga tahun depan itu bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Tahun Depan, selain jalan, pemprov Sulbar juga sudah mendapatkan dukungan anggaran sebesar Rp40 miliar dari Kementerian Perhubungan, bakal diarahkan pada pekerjaan Cargo, Lingkungan terminal, area parkiran, jalan bundaran dibagian pintu masuk terminal, dan partisi dalam ruang terminal, termasuk bagian kelistrikan bandara.

“Tahun depan lagi dilanjutkan,” ungkapnya. (imr)

Komentar

News Feed