oleh

Unasman dapat Dana Hibah Penelitian

POLEWALI – Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Sulawesi Barat dapat bantuan dan hibah sebesar Rp637 juta dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Bantuan tersebut merupakan program penghargaan perguruan tinggi penerima hibah penelitian.

Kemenristek RI telah mengumumkan penerima hibah secara nasional yang sifatnya kompetitif. Tahun ini, Unasman kembali menerima bantuan program nasional tersebut yang diikuti seluruh PT yang ada di Indonesia.

Unasman dapat Dana Hibah Penelitian

“Pekan lalu itu telah diumumkan Kemenristek kita mendapatkan anggaran sebesar Rp637 juta untuk penelitian,” ucap Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unasman Basri.

Ia menyampaikan program ini Unasman bersaing dengan semua perguruan tinggi dan dosen se Indonesia.

“Untuk tahun ini ada dua skema, pertama ada 47 skema untuk penelitian dosen pemula. Kemudian ada 5 usulan proposal penelitian dasar,” jelas Basri.

Jadi, penelitian dasar ini biasanya di usulkan dosen senior yang kapasitas kualifikasinya lebih tinggi. Sementara penelitian pemula diusulkan oleh dosen yang sifatnya masih pemula dalam melakukan penelitian.

Menurut Basri, untuk standar indikator Perguruan Tinggi disesi akreditasi dan klasterisasi, salah satu faktor indikatornya adalah berapa banyak kegiatan penelitian atau berapa banyak kegiatan pengabdian yang sumber anggarannya berasal dari Kementerian.

Dari semua perguruan tinggi yang masuk claster binaan sejumlah 1.500 lebih, Universitas Al Asyariah Mandar masuk dalam cluster binaan diurutan 8 besar nasional. Khusus penerima hibah kompetitif di bidang nasional. (arf/mkb)

Komentar

News Feed