oleh

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Targetkan Business Matching Senilai US$65 Juta

JAKARTA–Jelang perayaan HUT ke-126, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang telah diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Acara pameran virtual UMKM terbesar ini juga dilakukan business matching yang melibatkan 105 buyers dari 30 negara, dengan nilai mencapai US$65 juta atau setara Rp923 miliar (kurs Rp14.200 per dolar Amerika Serikat).

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan bahwa seiring dengan pemulihan ekonomi nasional BRI juga meningkatkan target nilai business matching kegiatan ini. “Besaran target tahun ini (US$65 juta) meningkat dari nilai tahun 2020 yang sebesar US$57,5 juta. Nilai tersebut berasal dari 74 kontrak pembelian yang dilakukan oleh 26 buyers dari 11 negara,” kata Sunarso dalam opening ceremony yang dilakukan secara virtual pada Kamis, (09/21).

Nilai business matching pada gelaran tahun 2020 tersebut juga meningkat apabila dibandingkan dengan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun 2019. Dimana terdapat 16 buyers yang berasal dari 7 negara, yakni USA, Belanda, China, Jepang, Hong Kong, Arab Saudi, dan Australia. Business matching tersebut menghasilkan 23 kontrak pembelian dengan total nilai sebesar US$33,5 juta.

Optimisme peningkatan nilai business matching tersebut juga didasari oleh hasil indeks bisnis UMKM. Salah satu perhatian BRI terhadap keberlangsungan UMKM diwujudkan melalui kegiatan riset rutin triwulanan yang menghasilkan Indeks Bisnis UMKM. Pada triwulan III-2021, Indeks Aktivitas Bisnis memang mengalami penurunan karena dampak dari gelombang kedua Covid-19. Namun, Indeks Kepercayaan pelaku UMKM terhadap kemampuan pemerintah mengelola ekonomi masih terus meningkat. Demikian juga memasuki triwulan IV-2021, Indeks Ekspektasi Bisnis juga terpantau meningkat yang menunjukkan optimisme pelaku usaha UMKM menyambut akhir 2021.

Komentar

News Feed