oleh

Tujuh Jurnal Unsulbar Terakreditasi

MAJENE – Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mempunyai tujuh Jurnal Terakreditasi Nasional dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristekbrin).

Unsulbar melalui Unit Pengelolaan Jurnal dan Publikasi meraih Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional.

Tujuh Jurnal Unsulbar Terakreditasi

Ketua Pengelolah Jurnal dan Publikasi Unsulbar Muhammad Aswad sangat berbangga dengan hasil yang dicapai oleh universitas ini dengan berhasil meraih tujuh jurnal ilmiah terakreditasi tahun 2021.

“Dari tahun ke tahun, Alhamdulillah jurnal semakin membaik. Tahun 2020 kita hanya punya jurnal tiga terakreditasi, tahun 2021 tambah jurnal jurnal lagi. Jadi total tujuh Jurnal Ilmiah terakreditasi, ini capaian yang sangat luar biasa,” ucapnya, Kamis 28 Januari 2021.

Lanjut Aswad, apalagi saat ini mau lanjut sekolah, mau naik pangkat, mau sertifikasi, mau penelitian itu sudah menjadi syarat wajib untuk dosen dan peneliti mempunya publikasi di jurnal terakreditasi.

“Secara teknis denga adanya jurnal kita yang terakreditasi dosen tidak perlu khawatir lagi untuk menulis. Kan sudah ada wadah,” ungkapnya.

Mahasiswa S3 Ilmu Linguistik Unhas ini menjelaskan bahwa menuju jurnal terakreditasi sangat butuh perjuangan, butuh support. “Meskipun saya sedang sekolah, tetap memantau perkembangan jurnal di Unsulbar, apalagi proses akreditasi sekarang assessment online,” ujarnya.

“Kami dari unit mengucapkan selamat untuk jurnal-jurnal di Unsulbar atas berhasilnya tembus Akreditasi Nasional SINTA KemenristekBlbrin. Ini capaian yang sangat baik bagi jurnal yang baru seumur jagung ini,” imbuhnya.

Ia berharap, kedepan akan menjadi media diseminasi hasil riset para dosen atau peneliti terutama yang dikejar target Luaran Publikasi. Dan sebetulnya, ini akan memancing author untuk submit paper berkualitas ke jurnal dan tentu saja akan menjaga kontinuitas bahan baku artikel jurnal.

“Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kami ucapkan kepada segenap pimpinan Unsulbar Pak Rektor, Pak WR, Ketua LPPM dan dekan-dekan semua fakultas atas doa dan dukungannya, sehingga semua ini kita bisa capai, tak terkecuali semua Pengelola Jurnal di Unsulbar yang menjadi Kapten Tanggung mengelola jurnal,” jelasnya.

Semoga semua jurnal ilmiah yang ada di Unsulbar dapat meningkatkan kualitas indeksnya kedepan. Jurnal-jurnal ini harus tetap mendapat fully supports dari pimpinan institusi.

Sementara Rektor Unsulbar Aksan Djalaluddin mengatakan, Unsulbar selangkah lebih maju atas terakreditasinya tujuh jurnal secara nasional oleh Kemenristekbrin.

“Ini adalah prestasi yang luar biasa atas kerja keras para pengelola jurnal didukung seluruh civitas akademika Unsulbar, terutama komitmen pimpinan Universitas yg senantiasa mendorong dan memfasilitasi lahirnya jurnal yang berkualitas sebagai salah satu syarat utk mencapai mutu perguruan tinggi yang baik. Selamat dan sukses untuk pengelola dan kita semua. Mari kita hadirkan bersama Unsulbar yang semakin maju secara berkelanjutan. Wassalam,” harapnya. (r2/ham)

Komentar

News Feed