oleh

Transaksi Pasar Subuh Wonomulyo Bisa Capai Satu Miliar Perhari

POLEWALI MANDAR–Pasar Subuh Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, banyak menyedot perhatian. Perputaran uang dari transaksi penjualan ikan dan sayur-mayur bisa mencapai Rp 1 miliar dalam sehari.

Pasar Wonomulyo merupakan pusat tranksi pedangan ikan dan sayur-mayur dari ratusan pedang keliling, mulai dari pukul 20.00 hingga esok paginya. Baik pedang asal Polman maupun luar Polman, seperti Majene. Bahkan ada yang dari luar Sulbar, seperti Sidrap dan Enrekang. Sehingga, tak heran jika geliat pasar ini dimulai dari dini hari hingga esok pagi.

“Ada lebih dari 500 pedagang ikan dan sayur-mayur datang bertransaski setiap malam. Ada juga transaksi lainnya, seperti kue dan barang dagangan lain. Hasil transaksi setiap pedangan dapat mencapai sekitar Rp 2 jutaan,” ungkap Kepala Disperindagkop UKM (Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM) Polman, Agusniah Hasan Sulur, Selasa 2 Juli.

Diakui, besarnya transaksi di Pasar Wonomulyo itu, masih banyak dinikmati pedagang dari luar Polewali Mandar, seperti pedagang dari Kabupaten Sidrap dan Enrekang. Dua daerah di Sulsel itu, merupakan pemasok sayur-mayur terbesar di Pasar Wonomulyo.

”Sebenarnya Polman juga merupakan daerah subur tetapi belum mampu menyuplai kebutuhan sayur-mayur para pedagang,” jelas Agusniah.

Agusniah menilai, seharusnya potensi ini bisa ditangkap dengan baik masyarakat Polman, karena daerah ini memiliki lahan yang subur. Para pedagang keliling ini berjualan bukan hanya di Polman, tetapi merambah hingga Mamasa dan Majene. (arf)

Komentar

News Feed