oleh

TNI Perkuat Pemahaman Hukum Warga

MAMUJU – Kodim 1418 Mamuju menggelar Penyuluhan Hukum dan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lokasi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Senin 19 Oktober.

Dalam keterangannya, Dandim 1418 Mamuju, Letkol Inf Tri Aji Sartono mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian satgas TMMD kepada masyarakat terhadap kurangnya pemahaman terhadap hukum dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

“Melalui penyuluhan hukum itu tidak lupa kita memberikan edukasi kepada masyarakat terkait hukum penyalahgunaan narkoba, menghindari konflik pada pilkada, termasuk berkenaan dengan kondisi Pandemi yang dihadapi saat ini,” tutur Dandim 1418 Mamuju.

Penyuluhan turut menghadirkan Babinkamtibmas Desa Saloandeang, Brigpol Hamzah.

Hamzah menerangkan lewat penyuluhan hukum itu, sekaligus memperluas wawasan terhadap masyarakat terhadap nilai kebangsaan Indonesia.

“Dengan menyadari arti pentingnya fungsi hukum bagi kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara maka pemerintah menyelenggarakan pembinaan terhadap semua unsur-unsur hukum. Kesadaran akan perlunya pembinaan hukum dikarenakan berkembangnya pemikiran bahwa hukum baru akan mulai efektif apabila masyarakat telah mengetahui, memahami, dan melaksanakan aturan hukum secara konsisten,” papar Hamzah.

Sementara Danramil 1418-04/Budong-Budong, Kapten Inf Muhtar berharap warga transmigran di lokasi TMMD, Desa Saloandeang mendapatkan banyak manfaat dari kehadiran prajurit TNI di wilayah mereka.

Termasuk dalam kegiatan penyuluhan tersebut.

“Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dengan adanya pemahaman atau penyuluhan masalah hukum dan ketertiban bermasyarakat khususnya untuk masyarakat Saloandeang dan warga transmigrasi agar lebih paham dan mengerti adanya aturan-aturan yang berlaku di Indonesia serta di aplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya,” harap Muhtar. (imr/rul)

Komentar

News Feed