oleh

Tinjau Lokasi Banjir, Wabup Mamasa Tetapkan Tanggap Darurat

MAMASA – Wakil Bupati Mamasa, Martinus Tiranda melakukan kunjungan kesejumlah titik longsoran dan banjir di Desa Rippung, Kecamatan Messawa, Senin siang, 12 Oktober.

Wabup Mamasa di dampingi Dandim 1428 Mamasa, Letkol Inf Stevi Palapa, Camat Messawa dan Kepala Desa Rippung mendatangi sejumlah titik longsoran dengan berjalan kaki beberapa kilometer lantaran akses menuju wilayah tersebut masih terputus longsoran.

Tinjau Lokasi Banjir, Wabup Mamasa Tetapkan Tanggap Darurat

Martinus Tiranda menyebutkan becana alam longsor dan banjir bandang di Desa Rippung Kecamatan Messawa ditetapkan tanggap darurat bencana. Hal itu dilakukan karena daerah tersebut khususnya di tiga dusun yakni Malluaya, Dusun Rattedonan, Talmin mengalami banyak kerusakan. Mulai dari puluhan hektar sawah warga hingga jalur akses tertutup total.

“Surat penetapan tanggap darurat bencana sudah saya tanda tangan siang tadi (Senin siang). Dengan ditetapkanya tanggap darurat kita berharap semua pihak dapat membantu melakukan penanggulangan bencana khususnya dari pemerintah pusat dan provinsi. Termasuk TNI -Polri,” ungkap Martinus Tiranda.

Dikonfirmasi terkait langka yang dilakukan pemerintah saat ini terhadap becana alam yang melanda Desa Rippung. Martinus mengatakan masih melakukan pendaataan terhadap sejumlah kerusakan yang disebabkan bencana tersebut, termasuk berusaha agar akses jalan menuju tiga dusun yang masih terisolasi bisa segera terbuka.

“Saat ini kita masih fokus melakukan pendataan dampak bencana. Mulai dari berapa sawah warga yang rusak. Juga berapa warga yang terdampak, termasuk kami berupaya agar jalan dusun yang masih terisolir bisa segera kita buka,” tuturnya.

Untuk bahan pokok warga di tiga dusun yang masih terisolasi menurut Wabup Mamasa sudah dikordinasikan dengan Dinas Sosial agar segera menyalurkan bantuan pangan untuk warga yang terdampak bencana.

Pihaknya berharap agar semua pihak termasuk pemerintah pusat dan provinsi dapat membantu Pemkab Mamasa dalam penanganan lonngsor dan banjir yang melanda Desa Rippung, Kecamatan Messawa.

“Dengan ditetapkanya tanggap darurat kita berharapan semua pihak dapat masuk dan membantu warga yang terdampak,” harapnya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed