oleh

Tinjau Kesiapan Migrasi Siaran, KPID Sulbar kunjungi MNC Group

MAMUJU – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sulbar, melakukan monitoring langsung ke kantor PT MNC Investama Tbk (MNC Group) di Jl Letjen Haertasning, Mamuju, Rabu 16 Juni 2021.

Wakil ketua KPID Sulbar, Budiman Imran mengatakan, kunjungannya tersebut untuk memastikan lembaga ini menghadapi migrasi siaran analog ke digital.

“Secara kelembagaan KPID Sulbar, kesiapan MNC Group menghadapi migrasi siaran, di mana kita juga bersama sesuai keputusan Menteri Kominfo, bahwa pihak RCTI dinyatakan sebagai pemegang hak Multiplexing siaran tv digital teresterial di Sulawesi Barat,” kata Budiman, yang didampingi, Komisioner KPID Sulbar, Bidang Pengawasan Isi Siaran, Ahmad Syafri Rasyid.

Proses peralihan siaran dari analog ke digital, lanjut Budiman mulai digencarkan tahun ini dan akan menasional pada tahun 2022. Olehnya itu, pihaknya bakal terus mendorong lembaga penyiaran mempersiapkan segala sesuatunya dalam menyongsong Analog Swicth Off (ASO).

Kepala Biro iNews TV Sulbar, Anugrah menyambut baik kunjungan KPID ke kantor MNC group. Menurut Anugrah, kehadiran komisioner lembaga penyiaran menjadi semangat dalam menjalankan program-program pertelevisian.

“Kekompakan antara lembaga penyiaran dan regulator penyiaran tentunya berpengaruh terhadap lembaga penyiaran utamanya dalam peralihan ke siaran digital,” terangnya.

Untuk itu, ujar Anugrah, dalam menyambut Analog Swicth Off (ASO), para stakeholder terkait antara KPID, lembaga penyiaran dan pemerintah yang diwakili dinas kominfo perlu memperkokoh hubungan kelembagaan melalui forum-forum diskusi.

“Hal ini akan efektif dan diyakini akan melahirkan kesepakatan-kesepakatan tentang migrasi analog ke digitalisasi siaran dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan,” pungkasnya. (ajs)

Komentar

News Feed