oleh

Tingkatkan Kapasitas Tenaga Pendamping KUMKM, Disdagperinkop-UKM Sulbar Beri Pembekalan

MAMUJU – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkop-UKM) Sulbar, melaksanakan pembekalan calon tenaga pendamping Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) di Hotel Meganita Mamuju.

Pembekalan tersebut guna meningkatkan sumber daya pendamping pelaku usaha.Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 27 hingga 29 April 2021. Diikuti sebanyak tujuh orang peserta.

Tingkatkan Kapasitas Tenaga Pendamping KUMKM, Disdagperinkop-UKM Sulbar Beri Pembekalan

Kepala Disdagperinkop Sulbar, Amir Maricar mengatakan, pendamping merupakan suatu aktivitas pembinaan, pengajaran, dan pengarahan kelompok KUMKM yang lebih berkonotasi pada menguasai, mengendalikan, dan mengontrol pelaku KUMKM, sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan, berkualitas dan mandiri. Tentu dengan skala yang lebih besar, maju dan mandiri.

“Pembekalan pendamping ini memiliki peranan penting dalam melatih kalian menjadi tenaga terlatih yang bertugas melakukan penguatan terhadap pelaku KUMKM dalam memberikan advokasi, konsultasi, dan sosialisasi yang nantinya dijadikan sebagai laporan kegiatan, seperti laporan hasil perencanaan, laporan hasil observasi dan lainnya,” kata Amir.

Amir berharap, tenaga pendamping yang telah mengikuti pembekalan calon tenaga pendamping KUMKM dan telah memiliki pengetahuan, pendidikan, serta keahlian yang memadai, dan dapat membangun jaringan yang baik terhadap pelaku KUMKM juga memiliki perilaku yang baik dan berintegritas.

“Kita berharap kalian bersungguh-sungguh dalam menjalankan peran sebagai tenaga pendamping KUMKM, sebab pendampingan merupakan pemberdayaan yang dianggap ampuh dan efektif dalam membantu pelaku KUMKM,” ujarnya.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Rini Lukitasari mengatakan, pembekalan ini guna meningkatkan kapasitas sumber daya pelaku usaha melalui program pendampingan masing-masing kabupaten Sulbar khususnya untuk pemulihan ekonomi pasca bencana alam gempa bumi yang bertugas membentuk karakter pendamping koperasi dan UKM yang andal, mandiri dan responsif terhadap kendala dan kebutuhan pengembangan koperasi dan UKM di Sulbar.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tugas, kinerja dan tanggung jawab Disdagperinkop-UKM Sulbar untuk melaksanakan peran dan posisinya memfasilitasi terwujudnya peningkatan sumber daya pendamping koperasi dan UKM untuk bisa lebih meningkatkan kapasitasnya dalam mendampingi usaha dan perkoperasian di Sulbar,” bebernya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam pembekalan ini, yakni, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sulbar DR. Junda Maulana, Tenaga Ahli Gubernur Sulbar Marini Ariakati, Kepala Disdagperinkop Sulbar Amir Maricar dan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Rini Lukitasari dan Konsultan Pendamping UKM Agus Lahmuddin. (ian/ade)

Komentar

News Feed