oleh

Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah AMPHURI Tunaikan Umrah

MEKKAH–Setelah menempuh enam jam perjalanan dari Madinah menuju Mekkah, Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah AMPHURI tiba di Kota Mekkah almukarramah. Setibanya di Mekkah pada 21.30 waktu Arab Saudi, Tim langsung menuju hotel Movenpick yang ada di Tower Zamzam.

“Alhamdulillah setelah lima hari berada di Madinah, tepat pukul 14.30 kami bertolak ke Mekkah untuk menunaikan ibadah Umrah dengan mengambil miqat di Birr Ali dan tiba di Mekkah pukul 21.30 waktu Saudi. Sepanjang perjalanan tak henti-hentinya kami bertalbiyah yang dipandu oleh ustadz Farid,” kata Azhar yang didapuk sebagai Ketua Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah AMPHURI dalam keterangan tertulisnya langsung dari Mekkah, Ahad (2/1/2022).

Menurutnya, sepanjang pengamatan Tim di lokasi miqat, situasinya tidak seramai di saat umrah masa normal. “Nampak sepi, kemarin tidak banyak jamaah yang akan mengambil miqat,” ujarnya.

Azhar mengatakan, untuk bisa memasuki Masjidil Haram, seluruh Tim sudah dibekali tasreh (surat ijin). “Gelang yang kita gunakan sejak masih di Madinah, di Mekkah pun dapat digunakan untuk masuk ke Masjidil Haram melaksanakan shalat lima waktu,” katanya.

Lebih lanjut, Azhar mengabarkan bahwa situasi di sekitar masjid maupun di dalam penjagaannya cukup ketat. “Termasuk penerapan aturan physical distancing salam shalat serta pengetatan pemakaian masker akibat meningkatnya penyebaran virus covid-19 varian omicron di Saudi,” imbuhnya.

Setiap jamaah, kata Azhar tidak diperkenankan lagi untuk melakukan shalat Sunnah sebelum thawaf, seperti saat sebelumnya. Tidak hanya itu, jamaah juga tidak diperbolehkan berlama-lama berada di mathaf, apalagi berkerumun selepas thawaf. “Hal ini jadi bagian tindakan preventif yang dilakukan otoritas Saudi terhadap penyebaran covid-19,” katanya.

Usai thawaf, Tim melanjutkan Sa’i. Namun lagi-lagi, di area yang cukup ramai ini, jamaah tidak diperbolehkan berlama-lama. Artinya, setelah selesai Sa’i, jamaah diminta langsung tahallul. Bahkan tahallul harus dilakukan di luar area Sa’i. “Alhamdulillah, seluruh rangkaian ibadah umrah bisa kami lakukan selama dua jam,” pungkas Azhar. ***

Komentar

News Feed