oleh

Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Mamuju

MAMUJU – Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) segera diberlakukan di Sulbar. Polres Polman sebagai pembuka menyusul kabupaten lainnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Mamuju AKP Kemas Aidil Fitri mengatakan, sistem tilang elektronik sebagai tindak lanjut kebijakan kapolri terkait ETLE.

“Yang menjadi proyek awal percontohan Polman. Nanti akan bertahap untuk diterapkan di Polres masing-masing di Sulbar, termasuk Mamuju,” kata AKP Kemas, Rabu 17 Maret 2021.

Terkait penerapan sistem tersebut di Mamuju, AKP Kemas mengaku, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan Pemkab Mamuju untuk kesiapan ETLE tersebut. Sebab, seluruh perangkat sistemnya akan dikoordinasikan dengan Pemkab Mamuju.

“Terkait titik-titik pemasangan perangkatnya, nanti pasti kita sharing kalau memang sudah ditentukan titiknya. Sebab, penerapan ETLE perlu kesiapan yang matang, baik perangkat lunak dan kerasnya serta harus terintegrasi dengan hal-hal lainnya,” jelas AKP Kemas.

Sebelumnya, Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno menunjuk Polres Polman sebagai pilot project di wilayah Polda Sulbar. Polres Polman terpilih lantaran dinilai memiliki memiliki sarana dan prasarana yang mendukung.

Rencananya sistem tersebut bakal dirilis pada pertengahan April 2021 mendatang. Sebanyak 20 kamera CCTV dan satu unit speedcam telah disiapkan untuk beroperasi di sejumlah titik tertentu yang berpotensi terjadi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

“Tilang elektronik ini ditujukan bagi pelanggar lalu lintas. Jika ini terlaksana akan mengurangi suap menyuap di jalan.” jelas Irjen Pol Eko Budi

Saat sistem tersebut diterapkan, maka surat tilang beserta bukti pelanggaran akan dikirim ke alamat rumah pelanggar lalu lintas.

“Pengawasan ini dilakukan selama 24 jam dan menggunakan teknologi yang cukup canggih, sehingga masyarakat yang melanggar dapat terlihat jelas dari monitor kita,” pungkasnya. (ade/jsm)

Komentar

News Feed