oleh

Tiga Bupati di Sulbar Raih Anugerah Kepatuhan

MAMUJU-Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat menganugerahkan predikat kepatuhan pelayanan publik kepada tiga bupati di Sulbar.

“Ombudsman Sulbar mengundang tiga bupati di Sulbar ke Jakarta dalam rangka menerima penganugerahan predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2019,” kata Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, tiga orang bupatiyang mendapat undangan Ombudsman tersebut adalah Bupati Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamasa.

Ombudsman RI juga mengundang beberapa gubernur dan bupati lainnya dari 33 provinsi di seluruh Indonesia yang telah disurvei beberapa bulan lalu.

Menurut Lukman, predikat kepatuhan ini adalah hasil serangkaian kegiatan survei yang dilakukan untuk menguji kualitas penyelenggara pelayanan publik dalam melaksanakan pelayanan.

“Seperti pemenuhan komponen standar layanan sebagaimana tertuang di Undang Undang No 25 tahun 2009 yang terkait kenyamanan pengguna layanan dalam mengakses pelayanan, kesesuaian standar yang ditetapkan dengan pelaksanaannya,” katanya.

Lukman mengatakan, program ini sudah tahun kelima dilaksanakan secara serentak di berbagai unit penyelenggara layanan baik di kementerian, lembaga, ia bupaten dan kota serta pemerintah provinsi.

“Ini juga adalah program yang masuk RPJMN dan sudah tahun kelima kita laksanakan serentak di seluruh Indonesia. Di Sulbar hanya ada tiga kabupaten yang masuk dalam zona hijau selebihnya masih kuning,” ujarnya.

Ia mengatakan, adanya kabupaten yang belum masuk zona hijau masih memprihatinkan karena pelayanan publik dilakukan berjalan buruk.

“Kelemahan pelayanan publik saat ini ada yang disengaja dan tidak disengaja sehingga pemerintah mesti berbenah menguatkan kerja kolaboratif dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya. (ant)

Komentar

News Feed