oleh

Tes Wawancara, 285 Balon Kades Seleksi Tertulis

POLEWALI — 285 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) ikuti seleksi tertulis di SMPN 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (21/9/2021).

Pelaksanaan ujian seleksi tertulis bagi para balon Kades berjalan dengan lancar. Sebagian besar balon Kades menyelesaikan soal jauh lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan oleh panitia Pilkades Kabupaten Polman. Waktu yang di berikan panitia kepada peserta tes tertulis ini yakni 120 menit dengan jumlah 50 soal pilihan ganda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Polman Andi Nursami Masdar mengatakan pelaksanaan ujian ini dilaksanakan sehari dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Soalnya pilihan ganda dan peramu soal ini tidak jauh-jauh dari apa yang akan dikerjakan nanti jika terpilih menjadi kades,” jelasnya.

Sementara untuk wawancara, akan dilaksanakan selama enam hari yang akan dimulai, Rabu 22 September besok. Tempat pelaksanaannya ditempatkan di Kantor BKPP Polman. Hari pertama tes wawancara balon Kades dari Kecamatan Bulo.

“Kita batasi hanya 18 peserta saja dalam satu ruangan. Untuk standar nilai dalam tes tertulis dan tes wawancara kita sudah tetapkan dengan nilai terendah 45 poin,” jelas Andi Nursami Masdar.

Kadis PMD juga melakukan pemantauan langsung ke setiap ruangan peserta ujian dan mengingatkan agar peserta tidak terburu-buru dalam menjawab soal serta mengisi nama pada lembar jawaban yang telah disediakan.

Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Polman Abd Malik mengatakan, soal yang dikerjakan oleh para balon kades sama dan muatan soalnya terdiri dari tata kelola pemerintahan, pengawasan dan pengelolaan, dan inovasi desa.

“Yang kita libatkan ada tujuh tim seleksi yang terdiri dari akademisi, kejaksaan, kepolisian, TNI, dan pemerintahan yang materinya tidak jauh dari tes tertulis dan pada tes wawancara hanya dilakukan pendalaman,” jelas Abd Malik.

Seleksi wawancara balon kades ini tak lagi melibatkan bupati sebagai penguji. Hanya akan melakukan pemantaun saja. (arf/mkb)

Komentar

News Feed