oleh

Terlambat LPJ, Pastikan Ratusan Kades Tak Terima Gaji

POLEWALI MANDAR–Baru 21 desa, dari 144 desa di Polewali Mandar, Sulbar, memasukan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban), penggunaan ADD (Anggaran Dana Desa), triwulan IV, tahun anggaran 2018, lalu. Sehingga otomatis yang dapat melakukan pencairan ADD, bulan Mei ini, baru 21 desa. Sedang, sisanya terancam dikenakan sanksi pemotongan 30 % , jika tidak masuk pada tenggat waktu awal Juni 2019, nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (PMD) Polman, Azwar Jasin mengatakan, keterlambatan pencairan ADD akibat dari desa itu sendiri yang belum memasukkan laporan pertanggungjawaban hingga memasuki termin kedua pencairan anggaran. “Baru ada 21 yang sudah berproses di keuangan, sisanya itu masih terkendala LPJ. Padahal deadlineLPJ harusnya Desember sudah harus selesai dan pencairan triwulan pertama sebenarnya paling lambat Maret lalu,” ujar Azwar Jasin, Rabu 29 Mei.

Azwar Jasin, memastikan banyak kepala desa beserta aparatnya terpaksa tidak menerima gaji sebelum lebaran. Bahkan kemungkinan nanti usai lebaran baru dapat menerima gaji. Ia juga mengatakan, sebenarnya pekerjaan mereka sudah selesai hanya saja mereka tidak menyelesaikan LPJ.

Ia mengaku sudah berulang kali mengingatkan para kepala desa melalui persuratan dan sudah menindaklanjuti rekomendasi BPKP. (arf/mkb)

Komentar

News Feed