oleh

Tergenang, Warga Tutup Akses Jalan

MAMASA – Jika hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Mamasa, sejumlah ruas jalan tergenang. Itu disebabkan oleh drainase yang tidak maksimal.

Seperti salah satu ruas jalan di Desa Buntubuda, Kecamatan Mamasa. Jalan tersebut berada di depan BRI Unit Mamasa yang selalu digenangi air bila hujan deras turun. Akibatnya, warga setempat terpaksa menutup jalan tersebut.

Salah seorang warga yang bermukim di depan Kantor BRI Unit Mamasa tersebut harus memalang setengah jalan, bagian yang tergenang air. Hal itu dilakukan agar genangan air yang tidak masuk ke dalam rumahnya.

Salah seorang warga Aminah menyebutkan setiap hujan deras terjadi, hampir genangan air terus terjadi di depan rumahnya.

“Jadi kalau ada kendaraan yang melintas, air itu kadang masuk rumah,” ujar Aminah.

Lanjut Aminah, Ia berinisiatif agar memalang setengah jalan agar kendaraan tidak melintas digenangan air.

“Karena air masuk kedalam rumah karena terjadi gelombang saat kendaraan melintas,” terangnya.

Ia mengaku, karena saluran air yang ada lebih tinggi dari tempatnya. “Karena, sudah dilakuakn perbaikan oleh pemerintah saluran airnya. Tapi tinggi itu saluran air, jadi air tidak mengalir,” keluhnya.

Aminah yang tinggal dekat jalan itu mengeluh lantaran sering terjadi banjir di kompleks rumahnya ketika hujan lebat. Ia berharap agar pemerintah sedianya segera memperbaiki saluran air tersebut. “Supaya air itu bisa mengalir dan tidak menimbulkan genangan,” harapnya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed