oleh

Tekuk Austria, Belanda Melaju ke Babak 16 Besar

JAKARTA – Belanda berhasil mengalahkan Austria dengan skor 2-0 pada laga Grup C Euro 2020 di Johann Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat (18/6/2021) dini hari WITA. Dua gol Der Oranje dicetak oleh Memphis Depay dan Debzel Dumfries.

Untuk pertama kali dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.

Belanda juga selalu menang dalam 21 pertandingan terakhirnya ketika mencetak gol lebih dulu. Kini Belanda sudah memasukkan 67 gol dan hanya kebobolan tujuh gol dari 21 laga terakhirnya itu.

Sejak kickoff, Belanda terus menekan sampai akhir babak kedua, namun gol sudah tercipta pada menit ke-11 menyusul ganjalan dari bek David Alaba terhadap bek kanan Belanda Denzel Dumfries.

Tadinya pelanggaran ini diabaikan wasit sampai terjadi pelanggaran kedua atas pemain Belanda lainnya yang menghentikan sesaat pertandingan. Setelah ini wasit menghentikan laga untuk mereview potensi penalti untuk Belanda lewat analisis VAR.

VAR kemudian memastikan itu penalti dan Alaba dikenai kartu kuning, Belanda kemudian menugaskan Depay untuk mengeksekusi tendangan penalti ini.

Sekalipun kiper Austria Daniel Bachman sudah benar bergerak ke arah bola, tetapi tendangan Depay terlalu kencang untuk bisa dihentikannya. Depay, dan juga Georginio Wijnaldum, kini sudah mempersembahkan 50 gol untuk timnas Belanda.

Setelah gol ini Belanda terus merangsek ke pertahanan Austria, apalagi gelandang-gelandang mereka sulit membendung playmaker Frenkie de Jong beroperasi dan mendominasi lapangan tengah.

Komentar

News Feed