oleh

Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Disruptif

-Opini-1.291 views

KITA sepakat bahwa dunia pendidikan adalah bidang yang penting dalam kehidupan manusia.

Oleh: Jasmin GIM
Pegiat Pendidikan

Alasan paling sering dijumpai, pendidikan akan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kecerdasan itulah menjadi modal bagi bangsa ini untuk menjawab tantangan di masa akan datang.

Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Era Disruptif

Khususnya dalam menghadapi era disruptif, berbagai tantangan sekaligus peluang akan dihadapi bangsa ini. Semakin maju teknologi informasi menyebabkan terjadinya lompatan paradigma di lingkup pendidik dan pelajar.

Di era disruptif, seorang guru harus mampu membaca setiap keadaan dalam lingkungan sekolahnya. Ia juga harus berhadapan dengan dunia digital yang saat ini sangat mudah diakses peserta didik. Sehingga para guru dituntut lebih mampu mengolah cara mengajar agar lebih inovatif dan diterima anak didiknya.

Mungkin saja guru akan mendapat beberapa jawaban dari peserta didik yang lebih terbarukan dibanding pengetahuan guru saat itu. Apatah lagi guru yang belum beradaptasi dengan media digital saat ini.

Sebagai dampaknya, guru tidak hanya dituntut mampu mentransfer ilmu pada peserta didik. Tetapi harus bisa menjadi fasilitator dan teladan bagi peserta didiknya.

Sumber informasi sangat terbuka lebar. Olehnya itu, seorang guru diharapkan mampu menyiapkan anak didiknya untuk berhadapan dengan dunia informasi digital saat ini.

Fenomenanya, banyak generasi muda yang didominasi peserta didik kurang mampu dalam mengendalikan arus negatif media informasi.

Dari sebuah diskusi kecil saya dengan beberapa teman mahasiswa, hampir semua mengatakan bahwa teknologi saat ini justru jadi alat memanjakan.

Komentar

News Feed