oleh

Tangkal Korona, MUI Sulbar Serukan Salat di Rumah

MAMUJU — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Barat menerbitkan maklumat dalam memerangi wabah virus korona alias covid-19 yang terus meluas.

Salah satu poin dalam seruan MUI Sulbar, terkait pelaksanaan salat berjamaah dianjurkan di rumah masing-masing. Baik itu salat lima waktu, maupun salat Jumat yang untuk sementara diganti dengan shalat dzuhur.

Dalam penyampaian tertanggal 26 Maret, dijelaskan pula bahwa azan tetap dikumandangkan tiap masjid sebagai pertanda masuknya waktu salat.

“Kita harapkan dengan maklumat ini, tak ada lagi desas desus tentang ditiadakannya pelaksanaan shalat jamaah di masjid untuk sementara waktu,” ujar Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Sulbar, Nur Salim Ismail.

Selain itu, tabligh akbar, majelis taklim kegiatan dengan melibatkan banyak orang atau kerumunan massa agar ditiadakan dulu. “Serta berbagai bentuk pengajian,” imbuh pria berkacamata ini.

Maklumat MUI bernomor 161/MUI-SB/III/2020, berlaku sejak diterbitkan hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. “Selama masa darurat, maka selama itu pula berlaku,” tegasnya.

MUI tak lupa mengingatkan agar seluruh umat tetap menjaga kebersihan diri pribadi, rumah tangga, masyarakat, rumah ibadah dalam wilayah Sulawesi Barat.

“Semoga bisa menjadi rujukan dan pijakan bagi Pemda, khususnya dan umat Islam umumnya,” harap Nur Salim Ismail. (*)

Komentar

News Feed