oleh

Survei Cawapres Posisi Kedua, Ridwan Kamil Kaget Bisa di Bawah Bang Sandi Uno

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tersanjung sekaligus kaget dengan hasil survei nasional. Yakni berada satu urutan di bawah Sandiaga Uno.

“Jujur saja saya kaget berada di urutan kedua. Di bawah Bang Sandi Uno yang pernah jadi cawapres waktu pilpres kemarin,” kata Ridwan Kamil, Selasa, 11 Desember 2022.

Ridwan Kamil melanjutkan, ia tetap mengapresiasi survei tersebut karena datang dari pilihan masyarakat. “Meskipun itu hanya persepsi hari itu saja saat survei dilakukan kan,” kata Ridwan Kamil.

Diketahui, Ridwan Kamil berada di urutan kedua dengan raihan 15,3 persen. Di bawah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang meraih 25 persen.

Angka itu didapatkan dari pertanyaan siapa wakil presiden yang akan dipilih jika pilpres diadakan saat ini.

Persentase yang diraih Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno hanya bisa didekati oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih 12 persen.

Selebihnya, nama-nama lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir atau Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hanya meraih angka di bawah 10 persen.

Ridwan Kamil tak ingin berbagai hasil survei dari lembaga mengaburkan fokusnya menjadi gubenur. Khususnya yang berkaitan dengan pemilihan presiden.

Terlebih, berdasarkan pengalamannya, ada kinerja politik yang tidak bisa terbaca oleh survei.

“Ada kerja-kerja politik yang tidak terbaca oleh survei. Tapi, kalau konteks survei, lebih relevan ketika nama-nama calon sudah resmi dipasangkan,” tandasnya. (khf/fin)

Komentar

News Feed