oleh

Sulbar Dengan “Pikiran Lurus”

SALAH satu ciri masyarakat yang akan maju adalah bila memiliki pikiran-pikiran yang matang dengan pikiran-pikiran dewasa.

Itu sebabnya, bila menginginkan kemajuan suatu masyarakat maka dapat dimulai dengan memperbaiki cara berpikir masyarakat secara bersama-sama.

Sulbar Dengan "Pikiran Lurus"

Berpikir matang atau dengan pikiran dewasa akan banyak melahirkan kesesuaian-kesesuaian. Berpikir matang berarti berupaya menyerasikan pertentangan-pertentangan. Sehingga bila diantaranya terjadi pembelokan berpikir atau sifatnya salah fokus dari masalah utamanya, maka pikiran demikian dengan sendirinya perlu ditinggalkan.

Bahwa menampilkan pikiran yang sebaliknya sebagaimana pikiran yang menyimpang dari masalahnya maupun pikiran yang kehilangan visi penjelasnya untuk menyerasikan perbedaan-perbedaan dan kebersamaan menuju kemajuan masa depan, maka saatnya diubah dengan memasukan pikiran yang solid, progresif serta liberatif (tidak mengekang).

Adalah pikiran yang tidak dipenuhi pertentangan-pertentangan dan sebagainya, cukup menentukan keteraturan maupun keharmonisan hidup di masyarakat. Adalah berbeda, bila dipenuhi pikiran dangkal, tidak sistematis dengan sendirinya akan melahirkan ketidakteraturan dalam arti luas.

Itulah sebabnya suatu keadaan yang mengharapkan kemajuan, serta merta membutuhkan pikiran teratur, sistematis dan kritis agar publik dapat membaca dan menangkap pikiran yang memenuhi kualitas dan terutama bagi kepentingan pikiran mendidik, mengedukasi.

Komentar

News Feed