oleh

Status 11 Warga Tunggu Hasil Swab

PASANGKAYU – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Pasangkayu per tanggal 15 April 2020 sebanyak 234 orang. Sementara pada hari sebelumnya, masih berjumlah 229 orang.

Namun dari jumlah tersebut tinggal 55 orang dalam proses dan 179 dinyatakan selesai masa inkubasinya.

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KominfoPers) Pasangkayu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tiga orang dan Orang Tanpa Gejala (OTG) delapan orang.

Ketiga orang PDP tersebut berasal dari Kecamatan Pasangkayu dan Kecamatan Tikke Raya. Sedangkan OTG semuanya berasal dari Kecamatan Pasangkayu.

Kepala Dinas KominfoPers yang juga juru bicara Covid -19 Kabupaten Pasangkayu, Suri Fitriah mengatakan, PDP dan OTG tersebut positif berdasarkan hasil rapid tes.

“Saat ini yang positif sesuai hasil swab baru satu orang, yang lain itu (PDP dan OTG,red) masih hasil rapid test,” terang Suri Fitriah, Rabu 15 April.

Dari tiga orang PDP yang positif berdasarkan hasil rapid tes itu, dua orang menjalani isolasi mandiri di rumah dan satu orang dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasangkayu, di Desa Ako Kecamatan Pasangkayu.

Begitupun dengan OTG, semuanya isolasi mandiri namun dalam pemantauan pihak kesehatan. Namun jika menunjukkan gejala klinis berat maka akan dirawat di rumah sakit.

“Perlu diketahui rapid test ini adalah tes terhadap reaksi imun tubuh terhadap virus yang masuk dalam tubuh seseorang. Dan untuk memastikan apakah itu terkait covid, harus melalui swab test. Jika hasil test positif berarti ada virus yang masuk dalam tubuh sehingga imun tubuh bereaksi, namun untuk memastikannya perlu test lanjutan,” tegas Suri. (r3/dir)

Komentar

News Feed