oleh

Snapdragon Sound, Inovasi Baru Qualcomm Buat Teknologi Audio Mumpuni

Qualcomm Technologies International, Ltd. resmi mengumumkan teknologi Qualcomm Snapdragon Sound terbaru. Teknologi baru ini adalah sebuah rangkaian inovasi dan perangkat lunak audio yang dioptimalkan dan dirancang untuk memberikan suara yang mulus dan imersif di seluruh perangkat, termasuk smartphone, earbud nirkabel, dan headset.

Snapdragon Sound diklaim dirancang untuk memberikan pengalaman suara yang superior bagi konsumen saat mendengarkan musik dari streaming, berkomunikasi melalui telepon, atau bermain game secara nirkabel. Bersama dengan peluncuran ini, Amazon Music dan Qualcomm Technologies juga mengumumkan Snapdragon Sound Playlist yang dikurasi.

Snapdragon Sound, Inovasi Baru Qualcomm Buat Teknologi Audio Mumpuni

“Telinga manusia sangat sensitif terhadap gangguan, latensi, dan beberapa masalah audio lain yang biasanya terjadi saat streaming musik, melakukan konferensi video, atau bermain game melalui koneksi nirkabel,” ungkap James Chapman, Vice President and General Manager, Voice, Music and Wearables, Qualcomm Technologies International, Ltd.

Dia melanjutkan, dengan fokus end-to-end, pihaknya berupaya menghadirkan inovasi untuk menyelesaikan masalah umum konsumen di hampir semua titik interaksi audio. Dia juga mengklaim bahwa Qualcomm Technologies berada di posisi strategis untuk memberikan teknologi yang luar biasa kepada konsumen Qualcomm dengan Snapdragon Sound dan membantu mereka dengan mempercepat komersialisasi produk yang dilengkapi oleh kualitas suara yang canggih.

“Pendekatan system-level kami menggabungkan beberapa teknologi dan produk terbaru dari seluruh portofolio platform seluler dan audio Qualcomm untuk mencapai visi kami dalam menghadirkan audio berkualitas kabel dengan resolusi tinggi, secara nirkabel,” lanjut James Chapman.

Sebagaimana diketahui, ada banyak hal di antara pengguna dan perangkat yang membuat kualitas suara dapat terganggu. Seperti bagaimana perangkat terhubung satu sama lain dengan konektivitas yang tidak lancar, suara yang putus-putus dan terganggu, latensi, dan kompresi audio yang buruk, yang semuanya dapat berkontribusi pada pengalaman mendengarkan yang kurang optimal.

Dengan mengoptimalkan interaksi antara kumpulan solusi teknologi Qualcomm, Snapdragon Sound dirancang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan nirkabel yang lebih kuat dan mulus, mendukung resolusi audio tinggi 24-bit 96 kHz, latensi sangat rendah, penyandingan yang lebih baik, dan kualitas suara sebening kristal.

Dari segi teknis, untuk mengatasi tantangan latensi end-to-end, Snapdragon Sound dapat mendukung latensi Bluetooth serendah 89 milidetik (45 persen lebih rendah dari pesaing terkemuka) untuk gaming yang lebih imersif dan pengalaman menonton video yang lebih baik.

Bagi mereka yang lebih suka mendengarkan langsung dari perangkat seluler, Snapdragon Sound menggabungkan Qualcomm Aqstic DAC, dirancang untuk mendukung format hingga 384 kHz 32-bit PCM dan DSD dengan THD+N ultra-rendah.

Adapun momponen utama Snapdragon Sound meliputi Qualcomm Snapdragon 8-series mobile platforms, sistem konektivitas Qualcomm FastConnect 6900, Bluetooth Audio SoCs seri Qualcomm QCC514x, QCC515x dan QCC3056, teknologi Qualcomm Active Noise Cancelling (ANC).

Kemudian, ada juga teknologi lainnya yang mendukung Qualcomm Snapdragon Sound untuk pengalaman audio mumpuni. Teknologi tersebut mencakup Qualcomm aptX Adaptive, 24-bit 96kHz dengan latensi 89ms, suara pita lebar super Qualcomm aptX Voice, codec audio Qualcomm Aqstic dan amplifier speaker pintar WCD938x dan WSA883x) serta terakhir Qualcomm Audio and Voice Communication Suite.

Untuk memastikan performa tingkat tinggi, semua perangkat yang dioptimalkan Snapdragon Sound akan diuji interoperabilitasnya di fasilitas pengujian khusus Qualcomm Technologies di Taiwan pada ukuran performa termasuk kualitas audio, latensi, dan konektivitas yang kuat. (jpg)

Komentar

News Feed