oleh

SMKN 1 Tana Toraja Magang di Kalla Toyota, Selaraskan Kurikulum dengan Dunia Industri

MAKASSAR – Kalla Toyota bersama SMKN 1 Tana Toraja menjalin kerja sama dalam bidang pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada dunia pendidikan.

Nantinya, siswa SMKN 1 Tana Toraja melakukan praktik kerja industri dan pemagangan pada jaringan bengkel yang dimiliki Kalla Toyota serta penyelerasan kurikulum dengan dunia industri.

Kalla Toyota bersama SMKN 1 Tana Toraja meneken Perjanjian Kerja Sama tentang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Dunia Industri.

Dokumen Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Fajriaty Muhammadiah selaku Marketing & Customer First General Manager Kalla Toyota dan Sofyan Linggi selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Tana Toraja di Wisma Kalla, Kamis (5/8/2021).

“Saat ini memang tidak mudah bagi industri untuk mendapatkan tenaga kompeten sesuai kebutuhannya, tak terkecuali di Kalla Toyota. Sehingga dengan adanya kerja sama seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Kita bisa lebih mudah mencari SDM unggul dan tersertifikasi. Apalagi Kalla Toyota saat ini memiliki jaringan bengkel yang sangat luas di Sulawesi, termasuk service point yang tentunya membutuhkan SDM berkualitas untuk memberikan pelayanan terbaik,” ungkap Fajriaty Muhammadiah, Marketing & Customer First General Manager Kalla Toyota.

Selain menyediakan tempat praktik kerja industri dan pemagangan, Kalla Toyota dalam kerja sama ini juga menyiapkan instruktur dan pembimbing dan penguji eksternal pada pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian.

Kemudian, Kalla Toyota memberi masukan dalam penyelerasan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri serta menerbitkan sertifikat bagi siswa yang telah mengikuti praktek kerja industri dan pemagangan.

“Kerja sama ini juga merupakan bagian dari kepedulian perusahaan dalam program Yayasan Hadji Kalla dan CSR Kalla Toyota untuk mencipatakan SDM unggul, berkompeten dan tersertifikasi.

Tujuannya agar setelah lulus nanti, siswa bisa lebih mudah diserap oleh perusahaan karena pembimbingan yang sudah link and match atau sesuai dan selaras dengan kebutuhan industri,” ungkap Rafiquah Djamil, CSR Department Head Kalla Group.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Tana Toraja, Sofyan Linggi mengungkapkan kerja sama seperti ini memang sangat dibutuhkan. Sekolah mesti mencetak SDM yang siap kerja di dunia industri. Untuk merealisasikannya, sekolah tentunya harus bekerja sama secara langsung dengan perusahaan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kalla Toyota atas terlaksananya kerja sama ini. Semoga siswa-siswa kami dapat mengikuti program ini dengan baik sehingga apa yang kita harapkan bersama bisa tercapai. Bersama Kalla Toyota, kami yakin bisa mencetak SDM yang unggul,” tutur Sofyan. (*)

Komentar

News Feed