oleh

Skandal Rekrutmen CASN Kemenkumham, Ombudsman: Sudah Ada Sanksi

MAMUJU — Ombudsman Perwakilan Sulbar menyatakan telah ada sanksi yang dijatuhkan inspektorat Kemenkumham ke beberapa oknum Kanwil Kemenkumham Sulbar terkait kasus dugaan kecurangan rekrutmen CASN.

Inspektorat Kemenkumham juga telah melakukan klarifikasi langsung ke Ombudsman Sulbar beberapa waktu lalu. Ombudsman juga telah menyerahkan sepenuhnya kepada inspektorat Kemenkumham.

Kepala Ombudsman Sulbar Lukman Umar mengatakan, Ombudsman sudah mengirim surat ke inspektorat KemenkumHAM sebelum ada aksi unjuk rasa tersebut.

Bahkan, sebelum pengumuman hasil kelulusan CASN Kanwil Kemenkumham Sulbar agar dilakukan perbaikan. Namun, Kemenkumham Sulbar tidak mengindahkan. Malah mencari dalil lain untuk membenarkan proses rekrutmen mereka.

“Informasi akhir, mereka (Inspektorat, red) sudah ada sanksi. Bagaimana bentuk sanksinya, tunggu surat resmi agar kami bisa menutup pengaduan ini,” kata Lukman, saat dikonfirmasi, Minggu 3 Januari 2021.

Menurut Lukman, sistem kerja Ombudsman berdasarkan UU Nomor 37 Tahun 2008. Ombudsman sejak awal berharap persoalan ini bisa diselesaikan baik-baik. “Laporan ini kita teruskan tanpa harus konfirmasi ke publik. Karena kadang-kadang hal yang tidak perlu dipanas-panasi jadi panas kalau terlalu dikonsumsi publik. Tapi kami terus jalan,” pungkas Lukman. (ade/ham)

Komentar

News Feed