oleh

Siapkan Tenaga Terlatih Tangani Bencana

PASANGKAYU – Sejumlah personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian, serta FKPPI dan Pramuka Pasangkayu mengikuti pelatihan tanggap bencana alam.

Berlangsung selama tiga hari, kegiatan ini dilaksanakan di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalamotu, Selasa 20 Oktober.

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa mengapresiasi kegiatan tersebut. Katanya ini wujud sinergitas baik antara Pemkab dan TNI. Dengan kegiatan ini, secara bersama bisa dengan cepat dalam upaya tanggap bencana.

“Terima kasih pada Korem 142/Tatag dan Kodim 1427 Pasangkayu, dengan penyiapan personel terlatih untuk penanganan bencana ini. Pemkab sudah terbantu. Semoga penanganan bencana di daerah ini, bisa dilakukan secara cepat dan baik,” para Agus.

Di tempat sama, Brigjen TNI Firman Dahlan menyampaikan, latihan ini merupakan penjabaran Undang-undang RI Tahun 2004 Tentang Tugas dan Peran TNI. Melaksanakan tugas-tugas operasi militer selain perang. Diantaranya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan sosial serta bantuan kemanusiaan atas permintaan pemerintah daerah setempat.

“Sebagian besar wilayah tanggung jawab Korem 142/Tatag merupakan daerah rawan bencana alam, terutama di wilayah Pasangkayu. Sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan satuan jajaran Korem agar mampu melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dalam menanggulangi bencana,” tutur Brigjen TNI Firman Dahlan.

Ia juga menegaskan, Komandan Kodim 1427/Pasangkayu serta para perwira wajib menguasai dan memahami doktrin operasi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam doktrin TNI AD. Agar perdebatan personel tidak menyimpang dari landasan hukum yang telah ditentukan komando atas.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Novy Aldi, rombongan personel Korem 142/Tatag, Kejari Pasangkayu Imam MS Sidabutar dan Wakapolres Pasangkayu Kompol Ade Candra. (r3/dir)

Komentar

News Feed