oleh

Siapkan Anggaran Rp3 M, Pemkab Ambil Alih PBI Pemprov

POLEWALI – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar ambil alih pembiayaan bantuan iuran peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang selama ini ditanggung Pemprov Sulbar. Pengambil alihan ini karena Pemprov Sulbar pada tahun 2021 ini tak lagi menganggarkan atau tak menanggung iuran PBI BPJS Kesehatan.

Sebanyak 13.704 peserta PBI Pemprov Sulbar diambil alih Pemkab Polman untuk menanggung pembayaran iurannya selama enam bulan kedepan. Pemkab Polman menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar lebih.

Kepala Bidang Humas dan SDM BPJS Kesehatan Polewali Imran Hasyim menyampaikan, peserta BPJS Kesehatan yang selama ini ditanggung Pemprov Sulbar saat ini diambil alih Pemkab Polman. Pembiayaan iuran PBI ditanggung Pemkab Polman mulai Bulan Februari 2021.

“Permasalahan sebelumnya ada masyarakat yang tidak aktif itu sudah tidak ada lagi. Karena sudah di tanggung oleh Pemkab Polman per Februari 2021,” terang Imran Hasyim saat melakukan jumpa pers di Cafe Batistuta Manding, Rabu 24 Maret.

BPJS Kesehatan Polewali mengungkapkan, jumlah masyarakat Polman yang tidak lagi dibayarkan iurannya oleh Pemprov Sulbar sebanyak 13.704 peserta. Namun kini Pemkab mengambil alih pembiayaan iuran bagi masyarakat Polman tersebut sehingga kepesertaan yang sebelumnya non aktif kini kembali aktif.

Besaran iuran yang mesti dibayarkan Pemkab setiap bulannya untuk satu orang peserta yakni Rp37.800 per jiwa. Dengan komponen iuran pokok Rp35.000 per jiwa ditambah iuran BPPUM Rp2.800 per jiwa.

Sementara terkait dengan data jumlah PBI APBN yang dikeluarkan dari kepesertaan BPJS Kesehatan. Pihak BPJS Kesehatan Polewali masih akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman Mukim Tahir menyampaikan, besaran biaya yang dikeluarkan oleh Pemkab Polman yakni Rp3 Miliar lebih untuk enam bulan kedepan. Ini untuk pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan masyarakat Polman yang sebelumnya dibiayai oleh Pemprov Sulbar.

“Biaya Rp3 Miliar ini untuk pembayaran enam bulan kedepa. Karena Pemprov Sulbar sudah menyampaikan akan kembali berupaya untuk menanggung kembali melanjutkan pembiayaannya,” terang Mukim Tohir.

Lanjut Mukim, Pemkab Polman mulai mengambil alih pembiayaan kepesertaan tesebut mulai bulan Februari hingga Juli. (arf/mkb)

Komentar

News Feed