oleh

Sepuluh Desa di Polman Dapat Bantuan Sanitasi

POLEWALI – Sepuluh desa di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) mendapat bantuan jamban keluarga melalui program sanitasi pedesaan dengan sistem padat karya tunai 2021.

Bantuan ini bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kepala Balitbangren Polman Darwin Badaruddin menyampaikan, sepuluh desa yang dapat bantuan sanitasi pedesaan padat karya 2021 yakni Desa Mammi, Rappang, Palatta, Riso, Nepo, Rumpa, Ongko, Galung Tulu, Lambanan dan Ihing.

Sepuluh Desa di Polman Dapat Bantuan Sanitasi

“Bantuan ini lengkap dengan model skala rumah tangga bukan yang model komunal. Setiap keluarga mendapatkan jamban yang berstandar SNI yang tingkat pencemarannya akan terkendali,” terang Darwin Badaruddin.

Modelnya kata dia tidak menggunakan septik tank yang resapannya ke tanah yang menimbulkan pencemaran. Kriteria desa yang diusulkan untuk dapat bantuan ini yakni desa yang mempunyai data stunting yang cukup tinggi. Kemudian angka kemiskinan tinggi, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan akses sanitasi yang masih sangat kurang.

Selanjutnya, mereka akan didampingi fasilitator kabupaten di masing masing desa selaku pendamping dalam penyusunan Rencana Kegiatan Masyarakat (RKM). Melalui RKM itu juga syarat untuk mencairkan dana.

Lebih jauh ia menjelaskan, setiap desa wajib membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang nantinya menjadi pengelola. Sehingga mengurangi angka kemiskinan dengan memberi peluang kepada masyarakat mengerjakan program pembangunan jamban.

Sosialisasi pelaksanaan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Melalui Program Sanitasi Pedesaan Padat Karya digelar di ruang pola kantor Bupati Polman diikuti para kepala desa penerima bantuan. Menurut Darwin, program ini dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Wilayah. (arf/mkb)

Komentar

News Feed