oleh

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Peringatan HKN Utamakan Pencegahan Covid-19

MAMUJU – Pandemi Covid-19 tak lantas membunuh inovasi para tenaga kesehatan, di daerah ini.

Hal tersebut nampak pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional, 12 November, dimana 22 Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) di Mamuju menggelar kegiatan secara terpisah, namun serentak.

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Peringatan HKN Utamakan Pencegahan Covid-19

Kegiatan tersebut mencakup beberapa hal seperti bakti sosial, sosialisasi protokol kesehatan, pembagian masker kepada masyarakat, pemeriksaan kesehatan gratis, senam sehat, imunisasi anak sekolah dan pembagian paket buah.

Untuk layanan kesehatan gratis mencakup pemeriksaan gula darah, asam urat, kolestrol dan detekai dini penyakit tidak menular.

“Tes kesehatan ini sangat penting karena penyakit tidak menular itu kadang-kadang tidak ada gejalanya. Tetapi sangat berpotensi membunuh,” kata Kepala PKM Binanga, Jasman, saat ditemui di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, dalam pengobatan gratis, Kamis 12 November.

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, Peringatan HKN Utamakan Pencegahan Covid-19
Petugas PKM Binaga membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan, pada Puncak HKN 2020, Kamis 12 November 2020.–Jasman Rantedoda/Radar Sulbar–

Melalui sosialisasi juga, waga diajak mempraktekkan gerakan masyarakat hidup sehat, sesuai tema HKN tahun 2020, yakni Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju, Sri Rahayuningsih menjelaskan, peringatan HKN tahun ini sangat dibatasi lantaran pandemi Covid-19.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan petunjuk agar pelaksanakan HKN mengutamakan protokol kesehatan (prokes). Termasuk mengajak masyarakat berpartisipasi menerapkan dan mematuhi prokes.

“Jadi kita tidak bisa berkumpul. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami biasa adakan porseni antar PKM,” jelas ibu yang akrap disapa Hj Ice, itu.

Namun, lanjutnya, dengan segala keterbatasan tersebut PKM tetap menujukkan semangatnya, melalui kegiatan terpisah tetapi serentak di 22 PKM di Mamuju.

“Jadi pukul 13.00 (Wita, red) diadakan tepuk tangan serentak di 22 PKM selama 56 detik. Itu menandai peringatan 56 tahun HKN, sekaligus sebagai asupan semangat kepada para tenaga medis yang sedang berada di garda terdepan melawan Covid-19,” tambah Rahayuningsih.

Jumat 13 November, kegiatan berlanjut dengan mengujungi purnabakti kesehatan. Para pensiunan tenaga kesehatan bakal disambangi di rumahnya dengan membawa bingkisan.

“Sebagai perwakilan hanya lima orang pensiunan yang saat ini kurang sehat dan sudah lanjut usia. Masing-masing dalam kota. Yang lain bingkisannya akan dikirimkan,” jelasnya.

Sabtu 14 November, kegiatan ditutup dengan seminar kesehatan virtual menyangkut upaya-upaya kesehatan, terkhusus Covid-19. (jsm)

Komentar

News Feed