oleh

Satgas TMMD Kodim Polman Bagi Ilmu Budidaya Ikan Air Tawar

POLEWALI — Sebagai bentuk kepedulian Anggota Satgas TMMD Ke 111 Kodim 1402/Polman berbagi ilmu budidaya ikan nila kepada warga di Dusun Tappang, Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabuapten Polewali Mandar.

Sebagian besar masyarakat budidaya ikan air tawar menggunakan kolam di rumah masing-masing sehingga Satgas TMMD merasa perlu membangikan ilmu yang dimiliki tentang budidaya ikan air kepada masyarakat setempat.

“Ini kami lakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat karena dengan budidaya ikan air tawar di desa ini sangat baik karena air cukup melimpah.

Desa ini berada di pegunungan sehingga untuk mendapatkan ikan laut yang segar di pasar atau pelesangan ikan harus menempuh jarak yang cukup jauh,” ucap anggota Satgas TMMD ke 111 Kodim 1402 Polmas, Serka Akram, Jumat 18 Juni.

Sedangkan untuk budidaya ikan tawar di desa ini sangat berpotensi karena ketersediaan air dari gunung cukup memadai dan juga pakan organik untuk ikan cukup melimpah, Sayang jika potensi ini tidak dikelola dengan baik.

Kepala Dusun Tappang Elyas menyebut bahwa kegiatan masyarakat memelihara ikan di rumah masing-masing. Ini sudah berjalan setahun namun pertumbuhan ikannya cukup lamban karena memang pakannya juga terbatas terkadang hanya menggunakan ampas kelapa dan dedak.

Setelah disampaikan tata cara budidaya ikan air tawar oleh anggota TNI yang melakukan TMMD di desanya, ternyata pakan ikan cukup melimpah disekitar daerahnya.

“Kalau pedagang ikan tidak datang, warga cukup mengambil ikan di kolam masing-masing untuk komsumsi mereka,” tandasnya. (mkb)

Komentar

News Feed