oleh

Sanksi Tegas Bagi Oknum Pegawai Pelaku Pungli

POLEWALI – Wakil Bupati Polewali Mandar, M Natsir Rahmat memantau pelayanan adminstrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Polewali Mandar, Jumat lalu.

Didepan pegawai Disdukcapil Polman, M Natsir Rahmat menegaskan bila ditemukan ada oknum pegawai yang melakukan pungutan liar (pungli) kepada masyarakat yang mengurus kelengkapan adminstrasi kependudukan akan dikenakan sanksi tegas.

Sanksi Tegas Bagi Oknum Pegawai Pelaku Pungli

Hal ini ditegaskan, Wabup Polman ini karena pernah mendapatkan keluhan ada pembayaran yang dipungut dalam pengurusan KTP dan KK. Tapi setelah ditelusuri, itu tidak terjadi di lingkungan Disdukcapil. Namun dilakukan oleh calo dari desa dan Kecamatan yang mengurus kelengkapan KTP dan KK warga.

“Saat ini semua layanan kependudukan itu gratis, tidak ada sama sekali pungutan. Jika ada oknum pegawai atau honorer maupun tenaga sukarela melakukan pungli maka siap-siap kena sanksi,” tegas Natsir Rahmat.

Jika ada pegawai Disdukcapil Polman melakukan pungli baik ASN dan honorer akan diberikan sanksi sesuai dengan pelanggarannya. Bahkan bisa diberi sanksi pemecatan utamanya tenaga honorer.

Natsir Rahmat juga mengimbau dalam pelayanan Disdukcapil Polman tetap mengedepankan penerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Kepala Disdukcapil Polman Nasir Adam mengatakan, pelayanan di Disdukcapil Polman ini hanya 20 menit saja sudah selesai jika dokumen yang dipersyaratkan lengkap. Ia juga menegaskan jika ada oknum yang memungut biaya kepada masyarakat akan diproses. Jika Ia ASN akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Namun jika honorer yang melakukan akan langsung dipecat. (arf/mkb)

Komentar

News Feed