oleh

Sanksi Sosial Kurang Menggigit, Dorong Perda Covid-19

MAJENE — Memaksimalkan penegakan protokol kesehatan pencegahan korona, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dorong pengesahan Peraturan Daerah (Perda) terkait Penanggulangan Covid-19.

“Rancangan Perdanya sudah kita serahkan ke bagian Hukum, sisa menunggu waktu diproses kemudian disahkan di Kemenkumham,” ucap Kepala Satpol PP Majene, Zainal Arifin saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Sanksi Sosial Kurang Menggigit, Dorong Perda Covid-19

Rancangan tersebut antara lain memjuat sanksi bagi masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

“Denda yang akan dikenakan Rp 250 ribu per orang yang tidak menggunakan masker dan jaga jarak, sementara untuk perusahaan yang tidak patuh protokol kesehatan dendanya hingga Rp 5 juta,” ujar Zainal.

“Pengusulan rancangan Perdanya sudah dua mingguan lebih. Mudah-mudahan tidak terlalu lama prosesnya,” imbuh dia.

Zainal menambahkan, masyarakat mulai banyak yang melanggar Protokol kesehatan. Kalau hanya denda sosial kurang menggigit.

“Saat ini kami operasi tidak lagi mengedepankan sanksi sosialnya, tetapi kami bagi-bagi masker pagi dan malam agar masyarakat bisa lebih taat terapkan protokol kesehatan,” tandas Zainal. (mab/rul)

Komentar

News Feed