oleh

Samsir Rahim, Bakal Ramaikan Pilkada Bulukumba 2020

BULUKUMBA–Tahapan Pilkada 2020 secara nasional bakal dimulai akhir tahun 2019. Khusus di Sulsel ada 13 kabupaten dan kota, ikut pilkada termasuk salah satu di antaranya adalah Kabupaten Bulukumba.

Suhu politik di daerah yang dikenal dengan obyek wisata Pantai Bira ini, sudah mulai hangat dan bermunculan bakal calon (balon) bupati yang berminat ikut dalam pertarungan politik lima tahunan ini. Ini dapat diamati pada pemasangan gambar dan baliho di pelosok desa Bulukumba serta penyebaran foto dan pesan informasi lewat media sosial.

Pada lapisan masyarakat Bulukumba di semua strata juga sudah mulai ramai jadi bahan perbincangan para balon itu terutama di kalangan kampus, warung kopi, jajaran ASN dan masyarakat bawah dan menengah.

Salah seorang bakal calon Bupati Bulukumba, namanya cukup populer jadi perbincangan adalah Komisioner KPU Sulsel pada masanya 2008-2013, Dr. Samsir Rahim, S.Sos, M.Si.

Putra daerah kelahiran Bulukumba 8 April 1972, termasuk figur yang mengenal dan dikenal secara baik dan meluas di daerah yang juga populer dengan sebutan Kabupaten Panrita Lopi ini.

Anci panggilan akrabnya, menghabiskan dan menjalani masa kecil dan masa-masa pertumbuhan di tanah kelahirannya Kota Bulukumba. Jejaring lingkaran keluarga besarnya malah menyebar secara meluas dan merata di daerah Ujung Bulu, Ujung Loe dan Tanete.

Selain itu isteri Syamsir Rahim, juga asli Bulukumba dengan penyebaran keluarganya di daerah di wilayah Kajang, Herlang dan Bontotiro dan sekitarnya.

Doktor Administrasi Publik PPs-UNM ini juga menjalani jenjang pendidikan formal dengan tamat SD, SMP dan SMA semuanya di Bulukumba

Jejak keluarga besarnya serta jenjang pendidikan dilewati di Bulukumba, sehingga nama dan sosok dari Wakil Dekan III Fisip Unismuh Makassar ini cukup mengenal daerah yang berada di ujung selatan jazirah Sulsel ini.

Pengenalan diri Syamsir Rahim di tengah masyarakat Bulukumba dijalani setiap saat. Ketika ada pertemuan keluarga berupa, lebaran, pesta pernikahan, pesta panen atau kedukaan, dia selalu sempatkan hadir dan berinteraksi dengan anggota keluarga.

Selain itu selaku dosen Unismuh Makassar, pada proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga banyak bersentuhan dan bernteraksi dengan masyarakat Bulukumba.

Ketika ada mahasiswa melaksanakan KKN, PPL dan jenis kegiatan lainnya belum lagi kalau ada pengabdian kepada masyarakat serta penelitian, Syamsir cukup banyak mengambil peran dalam kegiatan itu.

Pada kenyataan demikian maka tercatat dan terekam dengan jelas sosok Magister Administrasi Pembangunan di PPs-Unhas 2000 ini mengenal secara detail dan persis masyarakat serta juga dikenal meluas dan merata oleh lapisan masyarakat Bulukumba.

Sejumlah disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada Bulukumba 2020 selain, Syamsir Rahim, ada juga dosen di Universitas Islam Makassar, Dr. Musdalifah Mahmud, M.Si. Ada juga putra Bulukumba seorang profesor dosen di UMI Makassar, Prof Dr Ahmad Gani, MSi.

Petahana Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, mantan Kepala Bappeda, Andi Cawa Miri, Kepala Koperasi Berkat, A Makkasau Karaeng Lompo.

Ketua DPC PPP Bulukumba, H Askar HL, mantan Ketua KNPI Sulsel, Djamaluddin Syamsir, Ketua DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki. H. Patudangi.

Sosok lainnya, Andi Mahfud A Sultan, Kahar Muslim, Letkol Imran, HA. Makkasau, Arum Spink, H. Rosari Liong, H. Amang dan H. Zainuddin. (*/mus)

Komentar

News Feed