oleh

Salurkan 8000 Bibit Sayur

POLMAN – Melalui program ketahanan pangan, Desa Baru Kecamatan Luyo bagikan 8.000 bibit sayur kepada warganya. Pelaksana tugas Kepala Desa Baru Yudianto Syahrir mengatakan, pihaknya sudah memproteksi bantuan pandemi berupa stimulan hingga Desember mendatang.

Selain mencukupi untuk pembagian BLT Dana Desa hingga Desember, juga masih terdapat kesisahan dana yang digunakan untuk program ketahanan pangan. Salah satunya dengan membuat pembibitan sayuran dengan model green house.

“Kita membibitkan kurang lebih 8.000 jenissayuran yang akan dibagikan kepada setiap masyarakat melalui kelompok dasawisma. Jadi bukan per individu, ini menggunakan dana kesisahan BLT,” terang Yudianto Syahrir.

Lanjutnya, pembagian bibit sayuran ini melibatkan anggota PKK. Ia juga menyampaikan, pembagian bibit sayur ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutihan masyarakat.

Selain sayuran, Desa Baru juga akan melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar untuk pemenuhan sandang dan pangan masyarakat.

Desa Baru mendapatkan dana desa Rp1,2 miliar. Yudianto Syahrir menyampaikan, berdasarkan aturan dari Kementerian Desa dengan jumlah dana desa Rp1,2 miliar itu 35 persen diperuntukkan untuk pembagian BLT melalui Musdes. Penerema BLT pertama 250 KK setelah masuk tahap kedua Rp300 ribu jumlah penerima BLT kami berkurang menjadi 230 orang. Karena ada yang dibatalkan karena menerima beras sosial dan sudah dibuatkan berita acara pengembalian ke kas desa. (arf/mkb)

Komentar

News Feed