oleh

Saingi Merek Tiongkok, Apple Bakal Bikin Smartphone Terjangkau

JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi kalau perangkat smartphone besutan Apple, iPhone sejak awal kemunculannya selalu banderol dengan harga tinggi. Karena hal tersebut, muncul citra bahwa perangkat iPhone memang disegmentasikan hanya untuk mereka yang berduit. Kesan yang melekat pun eksklusif dan mahal.

Namun hal tersebut tampaknya tak ingin lagi dilakukan Apple. Menurut sumber yang dekat dengan Apple, mereka dilaporkan berencana meluncurkan ponsel kelas menengah baru dengan harga yang sangat menarik tahun depan. Perangkat smartphone baru Apple itu ditujukan untuk lebih bersaing dengan merek-merek asal Tiongkok seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo di pasar Tiongkok dan India.

Produsen perangkat optik dan modul kamera Tiongkok, Sunny Optical Technology, menyatakan pesanan dari Huawei turun tajam karena sanksi Amerika dan berupaya bersaing untuk mendapatkan pesanan dari Apple.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Sunny Optical berharap menjadi pemasok modul kamera untuk iPhone pada tahun 2021, tetapi rencana tersebut kemungkinan akan menjadi kenyataan pada tahun 2022.

Dengan berencana merilis lebih banyak smartphone terjangkau, Apple akan mencoba memperluas daftar pemasoknya dan mengurangi biaya produksi. Pemasok utama kamera untuk smartphone iPhone adalah Largan Taiwan dan Yujingguang, yang memiliki sedikit keunggulan teknologi dibandingkan Teknologi Optik Cerah.

Sedangkan untuk smartphone baru, dikatakan bahwa yang sedang disiapkan Apple adalah iPhone SE Plus 5,5 inci dengan pemindai sidik jari samping. Perangkat tersebut akan menjadi pelengkap segmen terjangkau Apple saat ini dengan iPhone SE 2020. (jpg)

Komentar

News Feed