oleh

Sahabat Penyu Lepas Liarkan 60 Tukik

-Polman-2.115 views

POLEWALI – Komunitas Sahabat Penyu Kabupaten Polewali Mandar memperingati Hari Penyu Sedunia, 16 Juni. Peringatan hari penyu ini dilakukan dengan pelepasan 60 ekor tukik atau anak penyu ke laut lepas di Pantai Mampie Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo.

Pelepasan tukik ini dirangkaikan dengan sosialisasi kepada para pengunjung rumah penyu tentang pentingnya menjaga dan melestarikan penyu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 saat ini melanda dunia.

Sahabat Penyu Lepas Liarkan 60 Tukik

“Sekira 60 ekor tukik yang dilepas liarkan ke laut bebas, Selasa hari ini (Kemarin) dalam rangka memperingati hari penyu sedunia,” terang Ketua Sahabat Penyu Muhammad Yusri, Selasa 16 Juni.

Ia menjelaskan khusus untuk wilayah perairan Kabupaten Polewali Mandar terdapat tiga jenis penyu dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia. Yaitu penyu lekang atau penyu abu abu, penyu hijau dan penyu sisik.

“Sementara tukik yang baru saja di lepas di Pantai Mampie merupakan jenis penyu lekang atau abu abu,” terang bapak tiga anak ini.

Muhammad Yusri menambahkan peringatan hari penyu ini merupakan agenda tahunan oleh Komunitas Sahabat Penyu. Ini sebagai bentuk kampanye dukungan pelestarian penyu. Bahkan Yusri mengakui bahwa kesadaran dan kepedulian masyarakat khususnya di Mampie sudah ada namun di beberapa lokasi pendaratan penyu masih banyak warga yang berburu telur penyu untuk di jual ke pasar.

“Misalnya di Pantai Lapeo, Pantai Panyampa, Pantai Palippis dan Tanjung Buku masih terjadi perburuan telur penyu. Masih ada warga yang ambli telur penyu lalu di jual ke pasar,” sesal Yusri.

Anehnya kata dia warga menjualnya secara terbuka di pasar pasar tradisional layaknya menjual ikan.

Yusri berharap, petugas terkait bisa melakukan sosialisasi atau patroli untuk mengurangi angka perburuan telur lenyu di Polman.

Sementara itu pengunjung Rumah Penyu, Nurmi dan Miati mengaku sangat senang bisa ikut melepas tukik bersama pengunjung lainya. “Senang pak, karena lamaku mi kesini mau liat penyu tapi tidak pernah ada. Nah pas ini langsung ada pelepasan tukik jadi akhirnya terbayarmi rasa penasaranku. Pokoknya keren deh,” kata Nurmi.

Peringatan Hari Penyu kali ini di lakukan sangat sederhana dan tidak melibatkan banyak Orang mengingat Polewali Mandar masih dalam status zona merah. (mkb)

Komentar

News Feed