oleh

RS Sulbar Punya Dokter Kejiwaan, Penanganan ODGJ Diharap Lebih Efektif

MAMUJU – Ada harapan, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Sulbar akan tertangani.

Tinggal keaktifan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, memantau dan mengamankan ODGJ di tiap-tiap kabupaten untuk selanjutnya mendapat penanganan dari dokter spesialis kejiwaan RS Regional Sulbar.

RS Sulbar Punya Dokter Kejiwaan, Penanganan ODGJ Diharap Lebih Efektif

Walaupun fasilitasnya masih sebatas masih rawat jalan, namun setidaknya ODGJ tak perlu lagi ke luar daerah untuk mendapat penanganan awal.

“Dokter spesialis kejiwaan sudah bekerja sejak 20 September. Sudah banyak pasien ditangani,” kata Direktur RS Regional Sulbar, dr Indahwati Nursyamsi, saat dikonfirmasi, Senin 12 Oktober.

Saat ini, lanjutnya, masih di poliklinik. Jika pasien bertambah dan butuh rawat inap, dr Indahwati mengaku, akan memikirkan ruang rawat inap.

“Kalau hanya stres-stres ringan dan butuh konsultasi, sudah bisa ditangani. Kalau kondisinya berat dan butuh rawat inap belum,” jelas dr Indahwati.

Hanya saja, menurut dr Indahwati, pasien ODGJ belum ditanggung BPJS Kesehatan. Belum ada kerja sama. “Namun tetap akan diusahakan,” imbuhnya.

Kehadiran dokter spesialis kejiwaan di RS regional Sulbar sangat penting. Mengingat, jumlah ODGJ dikhawatirkan akan terus bertambah.(m2/jsm)

Komentar

News Feed